Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN, PRESTASI BELAJAR DAN DISPOSISI MATEMATIKA (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 19 Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018 Pada Materi Pokok Segi Empat)
YUNITA, MELI. 2018, “Keefektifan Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Kemampuan Penalaran, Prestasi Belajar dan Disposisi Matematika (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 19 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018 Pada Materi Pokok Segi Empat)”Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Hj. Isnani, M.Si.,M.Pd
Pembimbing II M. Shaefur Rokhman, M.Si
Kata kunci : Keefektifan, Model Think Pair Share, Kemampuan Penalaran, Prestasi Belajar, Disposisi Matematika.
Sebagian peserta didik kelas VII SMP Negeri 19 Kota Tegal memiliki kemampuan penalaran, prestasi belajar dan disposisi matematika yang masih rendah. Upaya yang dapat ditempuh adalah penerapan model pembelajaran TPS dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran think pair share telah mencapai target, (2) model pembelajaran think pair share lebih baik daripada pembelajaran konvensional terhadap kemampuan penalaran, (3) model pembelajaran think pair share lebih baik daripada pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar, (4) model pembelajaran think pair share lebih baik daripada pembelajaran konvensional terhadap disposisi matematika, (5) adanya perbedaan kemampuan penalaran, prestasi belajar dan disposisi matematika peserta didik pada yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran think pair share dan pembelajaran konvensional, (6) model pembelajaran think pair share lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan penalaran, prestasi belajar dan disposisi matematika peserta didik.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VII SMP Negeri 19 Kota Tegal semester II Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 224 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, tes, dan angket. Instrumen yang digunakan adalah tes dan angket. Analisis data menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, uji t satu pihak kanan, uji analisis varians multivariat satu arah dan τ^2-Hotteling yang telah diasumsikan dengan uji normalitas dan uji homogenitas univariat dan multivariat.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) prestasi belajar matematika yang diajar dengan model pembelajaran think pair share telah mencapai target dengan Z_hitung= 4,0415, (2) model pembelajaran think pair share lebih baik daripada pembelajaran konvensional terhadap kemampuan penalaran dengan t_hitung= 2,6626, (3) model pembelajaran think pair share lebih baik daripada pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar dengan t_hitung= 7,4232, (4) model pembelajaran think pair share lebih baik daripada pembelajaran konvensional terhadap disposisi matematika dengan t_hitung= 2,2442, (5) ada perbedaan kemampuan penalaran, prestasi belajar dan disposisi matematika antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran think pair share dengan model pembelajaran konvensional dengan _hitung= 0,1259, (6) model pembelajaran think pair share lebih baik daripada pembelajaran konvensional terhadap kemampuan penalaran,
prestasi belajar dan disposisi matematika dengan U_hitung= 77,481.
17145000300 | YUN k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain