Skripsi
KEEFEKTIFAN TEKNIK MENYIMAK INTEROGATIF PADA PEMBELAJARAN MATERI DEBAT PADA SISWA KELAS X MAN BABAKAN LEBAKSIU TEGAL SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2017/2018
NIMATULLOH, MUHAMMAD 2018. Keefektifan Teknik Menyimak Interogatif pada Pembelajaran Materi Debat pada Siswa Kelas X MAN Babakan Lebaksiu Tegal Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018.Skripsi. pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dra. Sri Mulyati, M. Pd.
Pembimbing II Vita Ika Sari, M. Pd.
Kata Kunci : keefektifan teknik menyimak interogatif.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses keefektifan keterampilan menyimak materi debat pada siswa kelas X MAN Babakan, serta mendeskripsikan keefektifan cara menyimak siswa pada materi debat setelah menggunakan teknik menyimak interogatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X semester II MAN Babakan Lebaksiu Tegal tahun pelajaran 2017-2018.
Pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak dua kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah diskusi saat berdebat, soal essay dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ada pengaruh yang kuat yang menjadikan siswa efektif dalam menyimak bahan simakan. Keefektifan dalam menyimak materi debat nilainya 32,49.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada siswa untuk meningkatkan kemampuan dalam menyimak. Pihak guru disarankan untuk lebih mengajarkan teknik yang baik agar siswa mampu menyimak dengan baik. Pihak orang tua disarankan untuk memperhatikan anak saat belajar dan memberikan bimbingan dan semangat kepada anak untuk meningkatkan kemampuan dalam belajar bahasa Indonesia.
15145000760 | NIM k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain