Skripsi
KEEFEKTIFAN MEDIA SNAKE AND LADDER GAME DALAM PEMBELAJARAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 19 KOTA TEGAL
FITRIANI, ELLY. 2018. “Keefektifan Media Snake and Ladder Game dalam Pembelajaran Kemampuan Menulis Teks Narasi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Kota Tegal”. Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Universitas Pancasakti Tegal, Pembimbing Pertama adalah Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum dan pembimbing kedua adalah Syamsul Anwar, M.Pd.
Kata kunci : Media Snake and Ladder Game, Menulis Teks Narasi
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi keefektifan media Snake and Ladder Game dalam pembelajaran kemampuan menulis teks narasi pada siswa kelas tujuh di SMP Negeri 19 Kota Tegal tahun ajaran 2017/2018.
Berdasarkan latar belakang teoritis dan kerangka berfikir, hipotesis penelitian ini adalah “Penggunaan Media Snake and Ladder Game memberikan dampak positif dalam pembelajaran kemampuan menulis pada siswa kelas tujuh di SMP Negeri 19 Kota Tegal”. Dengan kata lain siswa yang diajar dengan menggunakan Media Snake and Ladder Game mempunyai kemampuan menulis yang lebih baik daripada siswa yang diajar tanpa menggunakan Media Snake and Ladder Game.
Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas tujuh di SMP Negeri 19 Kota Tegal. Jumlah populasi adalah 200 siswa. Penulis menggunakan teknik random untuk memilih sampel penelitian. Penulis menggunakan teknik random untuk mendapatkan sampel sejumlah 25 siswa untuk masing-masing kelas. Sampel terdiri dari dua kelompok, tiap kelompok terdiri dari 25 siswa. Kelompok I adalah kelompok eksperimen, terdiri dari siswa yang diajar menggunakan Media Snake and Ladder Game, kelompok II adalah kelompok kontrol, terdiri dari siswa yang tidak diajar menggunakanMedia Snake and Ladder Game.
Data dianalisis menggunakan formula t-test atau uji-t. Data menunjukkan bahwa hasil t-test adalah 3,122 dengan derajat keabsahan (df) adalah 48 dan level signifikan (α) 5% = 1,677. Hal ini menunjukkan bahwa t-test lebih besar daripada t-table (3,122>1,677), karena t-test lebih besar dari t-tabel maka hipotesis penelitian diterima.
Dari hasil analisis diatas, penulis dapat menyimpulkan bahwa penggunaan Media Snake and Ladder Game memberikan dampak positif terhadap kemampuan menulis teks narasi pada siswa kelas tujuh di SMP Negeri 19 Kota Tegal tahun ajaran 2017/2018.
Penulis menyarankan agar guru menggunakan media Snakeand Ladder Game sebagai media untuk mengajar. Karena media ini sangat mudah diimplementasikan. Media Snake and LadderGame dapat menginspirasi siswa mendapatkan ide untuk menulis kalimat hingga paragraf. Dengan media Snakeand Ladder Game, siswa tidak menemukan kesulitan dalam memulai materi baru dalam menulis bacaan.
15145000700 | FIT k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain