Skripsi
EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII (Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2017/2018 pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi
SUSANTI, HERLINA APRI, 2018. “Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII (Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2017/2018 Pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar) ”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing 1 Drs. Ponoharjo, M.Pd
Pembimbing II Dian Nataria O, M.Pd
Kata Kunci : Eksperimentasi, model pembelajaran problem based learning, kemampuan komunikasi matematis.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) apakah kemampuan komunikasi matematis yang diajar menggunakan model pembelajaran problem based learning lebih baik dari pada yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung 2) apakah ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas eksperimen
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII semester II SMP Neger 3 Brebes tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 308 peserta didik yang terbagi dalam 9 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sample. Sampel yang diambil sebanyak 1 kelas eksperimen, 1 kelas kontrol, dan 1 kelas uji coba. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes. Teknik analisis data menggunakan uji-t satu pihak kanan dan uji regresi linear sederhana dengan taraf signifikansi 5%..
Hasil penelitian menunjukkan : (1) kemampuan komunikasi yang diajar menggunakan model pembelajaran problem based learning lebih baik dari pada yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung. Dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen yang diajar menggunakan model problem based learning dari pada kelas kontrol yang diajar menggunakan model langsung, yaitu dengan rata-rata kelas eksperimen 74,000 dan kelas kontrol 62,205 (2) ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas eksperimen yaitu sebesar 28,12%..
17145000530 | SUS e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain