Skripsi
PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 BREBES TAHUN PELAJARAN 2017/2018
NURHIDAYAH, FITRI. 2018. PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 BREBES TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I : Neni Hendaryati, M.Pd
Pembimbing II : Dr. H. Basukiyatno, M.Pd
Kata kunci : Dukungan Sosial, Prestasi Belajar
Penelitian ini membahas tentang pengaruh dukungan sosial terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2017/2018. Bertujuan untuk mengetahui sejauhmana dukungan sosial berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2017/2018. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskripitif kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional asosiatif. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 203 siswa. Sedangkan sampel sejumlah 51 siswa dengan teknik pengambilan sampel random sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan angket.
Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil perhitungan regresi linear sederhana dapat diketahui bahwa dukungan sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Hasil perhitungan regresi linear sederhana menunjukkan Y = 73,831 + 0,53X. Dari hasil persamaan tersebut dapat dijelaskan bahwa apabila dukungan sosial (X) dinaikkan sebesar 1% maka akan mempengaruhi prestasi belajar (Y) sebesar 0,53%. Namun Berdasarkan hasil perhitungan uji t (signifikansi) dapat diketahui thitung 4,547 selanjutnya thitung dikonsultasikan dengan ttabel untuk n = 51 dengan tingkat kesalahan 5% adalah 1,684. Maka thitung > ttabel yaitu 4,547 > 1,684. Hal ini berarti dukungan sosial (X) terhadap prestasi belajar (Y) mempunyai pengaruh yang signifikan. Dan dapat diketahui pula hasil perhitung uji t (signifikansi) thitung = 4,547 selanjutnya thitung dikonsultasikan dengan ttabel untuk n=51 dengan tingkat kesalahan 5% adalah 1,684 maka thitung > ttabel yaitu 4,547 > 1,684. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dukungan sosial berpengaruh siginfikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2017/2018.
13145000220 | NUR p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain