Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 03 TALANG SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Lestari, Putri Sri. 2018. Keefektifan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Berbantuan Media Gambar dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 03 Talang Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum.
Pembimbing II Khusnul Khotimah, M.Pd.
Kata Kunci : model pembelajaran Student Facilitator and Explaining, media gambar, pembelajaran menulis teks berita.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 03 Talang yang menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantuan media gambar dan yang tanpa menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantuan media gambar. Selain itu, untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantuan media gambar dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 03 Talang.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 03 Talang semester II tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah 275 siswa. Sampel dalam penelitian ini ada dua kelas, yaitu kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIC sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing 35 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data menggunakan uji t-non independen dan uji t independen.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menulis teks berita dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantuan media gambar sebesar 17,4% dan yang tanpa menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantuan media gambar sebesar 11,17%. Selain itu, hasil perhitungan dengan menggunakan uji t independen menunjukkan thitung (4,619) > ttabel (1,667) pada taraf signifikansi 0,05 dan derajat kebebasan 68. Artinya model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantuan media gambar lebih efektif dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 03 Talang.
15145000570 | LES k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain