Skripsi
FEMINISME NOVEL WAJAH-WAJAH PEREMPUAN KARYA A.A.SERAYA P.TISNA DAN IMPLIKASI PEMBELAJARANNYA DI SMA
Puspita, Arum. 2018. Feminisme Dalam Novel Wajah-Wajah Perempuan KaryaA.A.Seraya P.Tisna dan Implikasi Pembelajarannya di SMA. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I: Drs. Bowo Hermaji, M.Pd
Pembimbing II : Afsun Aulia Nirmala, M.Pd.
Kata Kunci: Feminisme, Novel dan Implikasi Pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan feminisme yang terdapat dalam novel Wajah-Wajah Perempuan karya A.A.Seraya P.Tisna sebagai bentuk eksistensi wanita dalam kesusastraan dan mendeskripsikan implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran sastra di SMA.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripsi. Sumber data penelitian ini adalah novel Wajah-Wajah Perempuan karya A.A.Seraya P.Tisna. Wujud data dalam penelitian ini adalah kata-kata atau kalimat mengenai aspek feminisme dalam novel Wajah-Wajah PerempuanA.A.Seraya P.Tisna. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik baca dan catat. Teknik penyajian hasil analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode informal yaitu meyajikan data dengan kata-kata untuk memperjelas kajian.
Hasil penelitian dalam novel Wajah-Wajah Perempuan karya A.A.Seraya P.Tisna menunjukan karakteristik tokoh yang setia, tanggung jawab, keibuan, ketegaran hati, penuh kasih sayang, pekerja keras, mudah berteman, pemberani, dan sikap optimis. Menelaah novel Wajah-Wajah Perempuan karya A.A.Seraya P.Tisna menggunakan teori Sara Mills menghasilkan bahwa subjek dan objek sudah ditentukan didalam cerita. Implikasi hasil penelitian ini adalah pembelajaran sastra yang berkaitan dengan novel sesuai dengan standar kompentensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) di SMA yang terdapat pada kelas XI semester 1 dengan materi memahami berbagai hikayat novel Indonesia/novel terjemahan.
Saran pada penelitian ini adalah peserta didik dalam membaca novel diharapkan dapat menyaring antara dua hal yang positif dan negatif dalam sebuah novel, untuk guru juga diharapkan dapat mengajarkan nilai-nilai positif yang terdapat dalam karya sastra sehingga bisa membentuk karakter peserta didik dan membuat lebih mencintai sastra. Novel Wajah-Wajah Perempuan karya A.A.Seraya P.Tisna termasuk novel yang berkualitas dan dapat dijadikan bahan alternatif pembelajaran yang menarik.
15145000840 | HAN f C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain