Skripsi
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI POKOK SEGIEMPAT DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL PESERTA DIDIK (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap di SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2017/2018)
UTAMI, DEVI PUTRI. 2018. “Efektivitas Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Materi Pokok Segiempat Ditinjau Dari Kemampuan Awal Peserta Didik (Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP N 1 Pangkah Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Drs. Suwandono, M.Pd
Pembimbing II Rizqi Amaliyakh S., M.Pd
Kata Kunci: Efektivitas, Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Prestasi Belajar Matematika, Kemampuan Awal Peserta Didik
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Apakah prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching memenuhi KKM pada mata pelajaran matematika, 2) Apakah terdapat perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model Reciprocal Teaching dengan model pembelajaran ekspositori, 3) Apakah prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik daripada yang diajar menggunakan model ekspositori ditinjau dari kemampuan awal tinggi, 4) Apakah prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik daripada yang diajar menggunakan model ekspositori ditinjau dari kemampuan awal rendah.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII semester II SMP N 1 Pangkah Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018 yang terdiri atas 319 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling yang terdiri atas 159 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan teknik tes. Analisis data yang digunakan adalah uji proporsi satu pihak kanan, RAK (Rancangan Acak Kelompok) serta uji – t satu pihak kanan dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian ini diperoleh: 1) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching memenuhi KKM pada mata pelajaran matematika dengan Zhitung = 1,684 2) Terdapat perbedaan prestasi belajar yang diajar dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching dengan model pembelajaran ekspositori dengan Fhit = 126,078 3) Prestasi belajar yang diajar menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik daripada yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari kemampuan awal tinggi dengan thitung = 4,898 4) Prestasi belajar yang diajar menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari kemampuan awal rendah dengan thitung = 3,166.
17145000460 | UTA e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain