Skripsi
PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN KESTABILAN EMOSI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2017/2018
AYU, OKTAVIANI IHDA. 2018. Penerapan LayananBimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing Dalam Menjaga Kestabilan Emosi Peserta Didik KelasVIII SMP Negeri 1 Ketanggungan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. H. Suriswo,M.Pd, Pembimbing II: Mulyani,M.Pd.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing, Kestabilan Emosi
Kestabilan emosi adalah kemampuan seseorang beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Ketika dihadapkan pada suatu permasalahan, tidak mengekspresikan emosinya dengan berlebih-lebihan dan mampu mengendalikan diri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing dalam menjaga kestabilan emosi pada peserta didik kelasVIII SMP Negeri 1 Ketanggungan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2017/2018.
Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian design one group pre-test and post-test. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Ketanggungan Kabupaten Brebes yang berjumlah 360 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dimana sampel merupakan peserta didik kelas VIII berjumlah 36 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas instrument menggunakan rumus Spearman-Brown. Sedangkan metode analsis data menggunakan analsis deskriptif presentase dan uji-t.
Hasil penelitian ini menunjukan gambaran peserta didik sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing memiliki presentase kestabilan emosi 38,8% (kategori rendah). Setelah memperoleh layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing kestabilan emosi meningkat menjadi 33,3% (kategori tinggi). Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh hasil nilai thitung sebesar 7,72, yang kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5 % sebesar 2,030, sehingga thitung>ttabel. Maka dapat disimpulkan Ho “ditolak” dan Ha “diterima”.
Disarankan kepada peserta didik untuk mampu memahami tujuan dan manfaat dari pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dan dapat mejaga kestabilan emosi, pihak guru juga dapat menerapkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi peserta didik mengenai kestabilan emosi. Selain itu, bagi sekolah untuk dapat memfasilitasi guru pembimbing agar dapat memperdalam dan mengembangkan layanan bimbingan dan konseling khususnya layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing.
11145000430 | OKT p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain