Skripsi
PENGARUH LAYANAN INFORMASI BIMBINGAN KARIR BERBASIS IT DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR PESERTA DIDIK KELAS XI TKJ DI SMK PGRI 2 TAMAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018
KUSUMA WARDANI, HENI. 2018. Pengaruh Layanan Informasi Bimbingan Karir Berbasis IT dalam Pengambilan Keputusan Karir Pada Peserta Didik Kelas XI TKJ SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Dr. Hj. Sitti Hartinah, DS., MM., Pembimbing II: Sesya Dias Mumpuni, M.Pd
Kata Kunci: Pengaruh, Layanan Informasi Bimbingan Karir Berbasis IT, Pengambilan Keputusan Karir.
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan peserta didik kurang memiliki pemahaman terhadap pemilihan karir, dalam pengambilan keputusan rendah masih relatif banyak yang belum merencanakan atau mempersiapkan karir dalam menghadapi dunia kerja, belum memahami pemanfaatan teknologi dalam rencana karirnya untuk masuk di dunia kerja, maka cenderung akan berakibat pada ketidakmampuan peserta didik dalam pengambilan keputusan karir.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Tingkat pengambilan keputusan karir yang diberi layanan informasi bimbingan karir berbasis IT. 2) Tingkat pengambilan keputusan karir yang tidak diberi layanan informasi bimbingan karir berbasis IT. 3) Pengaruh layanan informasi bimbingan karir berbasis IT dalam pengambilan keputusan karir peserta didik kelas XI TKJ di SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2017/2018.
Populasi penelitian 80 dengan sampel 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas digunakan rumus product moment dari pearson, sedangkan uji reliabilitas digunakan belah dua dari spearman brown, kemudian dianalisis dengan deskriptif persentase dan statistik korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan tingkat pengambilan keputusan karir yang diberi layanan informasi bimbingan karir berbasis IT dalam kategori tinggi terdapat 5 peserta didik dengan persentase (33,5%) yaitu perolehan skor paling banyak interval 151-154, sedangkan tingkat pengambilan keputusan karir bagi peserta didik yang tidak diberi layanan informasi bimbingan karir berbasis IT dalam kategori sedang terdapat 4 peserta didik dengan persentase (26,7%) yaitu perolehan skor paling banyak interval 138-142. Hasil perhitungan uji t-test diperoleh t_hitung = 3,692 dikonsultasikan dengan t_tabel = 2,048 dengan dk = 15+15-2 = 28, ∞ = 5%, sehingga t_hitung> t_tabel (3,692 > 2,048) jadi hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Saran yang diharapkan guru bimbingan dan konseling dapat lebih memaksimalkan dan dapat memberikan cara-cara yang tepat dalam pemberian layanan bimbingan karir untuk meningkatkan pengambilan keputusan karir peserta didik.
11145000320 | WAR p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain