Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEBIASAAN BELAJAR (Studi Penelitian Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 4 Brebes Tahun Pelajaran 2017/2018)
FEBRIANI, RIZKA NANDA. 2018. “Keefektifan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Lembar Kegiatan Peserta Didik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kebiasaan Belajar (Studi Penelitian Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 4 Brebes Tahun Pelajaran 2017/2018)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Drs. Ponoharjo, M.Pd.
Pembimbing II Dian Nataria Oktaviani,S.Pd.,M.Si.
Kata Kunci :Keefektifan, Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Lembar kegiatan Peserta Didik, Kebiasaan Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Tujuan penelitian ini adalah untukmendeskripsikan: 1) Apakah kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan LKPD telah memenuhi KKM. 2) Apakah kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang diajar menggunakan model Reciprocal Teaching berbantuan LKPD lebih baik dibandingkan dengan yang diajar menggunakan model konvensional. 3) terdapat pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching LKPD terhadap kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari kebiasaan belajar peserta didik.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII semester genap SMP Negeri 4 Brebes tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Sampel yang diambil sebanyak 1 kelas sebagai kelas eksperimen, 1 kelas sebagai kelas kontrol, dan 1 kelas sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi dan tes. Analisis data yang digunakan dengan menetapkan taraf signifikansi 5% adalah uji proporsi satu pihak kanan, uji t satu pihak kanan dan anava dua jalur , yang sebelumnya telah dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian ini diperoleh : 1) Kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan LKPD telah memenuhi KKM. 2) Kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang diajar menggunakan model Reciprocal Teaching berbantuan LKPD lebih baik dibandingkan dengan yang diajar menggunakan model konvensional. 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan LKPD terhadap kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari kebiasaan belajar peserta didik.
17145000610 | FEB k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain