Skripsi
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 3 Tegal Tahun Ajaran 2017/2018 pada Materi Pokok Segiempat)
ZUHRIYAH. 2018. Efektivitas Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Pendekatan Open Ended Terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 3 Tegal Tahun Ajaran 2017/2018 pada Materi Pokok Segiempat) Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Drs. Suwandono, M.Pd.
Pembimbing II Rizqi Amaliyakh S., M.Pd.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP), Open Ended, Prestasi Belajar Matematika.
Penelitian ini bertujuan: (1)mengetahui apakah prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan pendekatan open ended yang nilainya mencapai KKM 75 melampaui 55%. (2)mengetahui ada perbedaan nilai rata-rata yang signifikan antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan pendekatan open ended dengan model pembelajaran langsung. (3)mengetahui model pembelajaran yang manakah yang lebih baik antara model pembelajaran pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan pendekatan open ended serta model pembelajaran langsung terhadap prestasi belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Tegal Tahun Ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Sampel yang diambil sebanyak 83 peserta didik yang terdiri dari tiga kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian berupa tes prestasi belajar dan telah diuji validitas dan reliabilitas pada taraf signifikan 5%. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi, uji-t dua pihak dan uji-t satu pihak kanan yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1)prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan pendekatan open ended yang nilainya mencapai KKM 75 melampai 55% dengan zhitung = 1,747. (2)ada perbedaan nilai rata-rata yang signifikan antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan pendekatan open ended dengan model pembelajaran langsung dipeoleh thitung = 3,971. (3)model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan pendekatan open ended lebih baik daripada model pembelajaran langsung.
17145000700 | ZUH e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain