Skripsi
KEEFEKTIFAN METODE ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE AND SATISFACTION (ARCS) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA MUHAMMADIYAH KOTA TEGAL
Yuliani, 2018. “Keefektifan Metode Attention, Relevance, Confidence and Satisfaction (ARCS) dalam Pembelajaran Menulis Puisi dengan Menggunakan Media Gambar pada Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah Kota Tegal.” Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Panca Sakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. Pembimbing II : Agus Riyanto, M.Pd.
Kata Kunci : Keterampilan Menulis Puisi, Metode ARCS, Media Gambar.
Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini sesuai tujuan penelitian yaitu untuk mengetahuikemampuan menulis puisi pada peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah Kota Tegal.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berjenis eksperimen. Penelitian ini dimaksudkan apakah metode ARCSefektif dalam pembelajaaran menulis puisi atau tidak.Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah Kota Tegal dengan jumlah 52 siswa. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah sampel populasi. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel bebas berupa metode ARCS danmedia gambar, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil pembelajaran menulis puisi siswa.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes uraian menulis puisi bertemakan keindahan alam atau lingkungan sekolah siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data statistik dengan kolerasi uji t-non independent dan uji t-independent, setelah rasio t di peroleh, selanjutnya membandingkan rasio t tersebut dengan nilai t tabel dan taraf signifikan 0,05.
Hasil penelitian inimenunjukkan adanya peningkatan menulis puisi dengan menggunakan metode ARCS serta berbantuan media gambar. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan hasil perbandingan antara hasil pre-test dan post-test antara kedua kelas tersebut. Hasil pre-test pada kelas eksperimen dalam menulis puisi siswa memperoleh rata-rata 58,154, sedangkan untuk post-test nya sebanyak 76,615. Peningkatan menulis puisi pada peserta didik dapat dilihat dari hasil post-test yang mengalami peningkatan sebanyak 18,461. Pada kelas kontrol penulisan puisi peserta didik untuk pre-test memperoleh rata-rata 54,462, sedangkan untuk post-test nya yaitu 71,385. Peningkatan menulis puisi pada peserta didik dapat dilihat dari hasil post-test pada kelas kontrol yang mengalami peningkatan sebanyak 16,923.Penelitian ini telah membuktikan keefektifan metode ARCS berbantuan media gambar dalam pembelajaran menulis puisi pada peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah Kota Tegal. Peningkatan menulis puisi pada peserta didik dapat dilihat dari hasil pre-test dan post-test pada kelas eksperimen mengalami peningkatan yang cukup berarti yaitu dengan rata-rata 18,461 dibandingkan kelas kontrol yang hanya 16,923.
15145000950 | YUL k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain