Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN BERBANTU PAPAN BERPAKU TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI KELAS XI IPA MAN PEMALANG (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas XI IPA Semester Genap di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Pemalang T
AMALIA, VINI NUR. 2018, Keefektifan Model Pembelajaran Time Token Berbantu Papan Berpaku terhadap Prestasi Belajar dan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Materi Transformasi Geometri Kelas XI IPA Madrasah Aliyah Negeri Pemalang (Studi Eksperimen Pada Materi Pokok Transformasi Geometri Pada Peserta didik Kelas XI IPA Semester Genap Madrasah Aliyah Negeri Pemalang Tahun Pelajaran 2017/2018). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing IHj. Isnani, M.Si., M.Pd
Pembimbing II M. Shaefur Rokhman., M.Si
Kata Kunci : Keefektifan, Model Pembelajaran Time Token berbantu papan berpaku, Prestasi Belajar, Aktivitas Belajar
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: 1) Prestasi belajar matematika peserta didik dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran time token berbantu papan berpaku pada materi transformasi yang nilainya diatas 75 melampaui 40%, 2) Adanya perbedaan prestasi belajar dan aktivitas belajar matematika antara yang diajar menggunakan model pembelajaran time token berbantu papan berpaku dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional berbantu papan berpaku pada materi transformasi geometri, 3) Model pembelajaran time token berbantu papan berpaku lebih baik daripada model pembelajaran konvensional berbantu papan berpaku terhadap prestasi belajar dan aktivitas belajar matematika peserta didik .
Populasi dalam penelitian ini adalahpeserta didik kelas XI IPA Madrasah Aliyah Pemalang semester genap tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 194 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknikCluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 3 kelas, 1 kelas sebagai kelas eksperimen, 1 kelas sebagai kelas kontrol, serta 1 kelas uji coba.Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, tes, dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Instrumen tes telah teruji validitas, reabilitas, tingkat kesukaran tes dan daya pembeda pada taraf signifikan 5%. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji proporsi satu pihak kanan, uji analisis varians multivariat satu arah dan τ^2-Hotteling dengan uji prasayarat analisis data adalah uji normalitas univariat, uji normalitas multivariat, uji homogenitas univariat dan uji homogenitas multivariat.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1) prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran time token berbantu papan berpaku telah mencapai nilai KKM. 2) ada perbedaan prestasi belajar dan aktivitas belajar matematika antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran time token berbantu papan berpaku dengan pembelajaran konvensional berbantu papan berpaku. 3) model pembelajaran time token berbantu papan berpaku lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional berbantu papan berpaku terhadap prestasi dan aktivitas belajar matematika peserta didik.
17145000780 | AMA k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain