Skripsi
EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY PESERTA DIDIK (Suatu Penelitian Pada Materi Pokok Suku Banyak Kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Kota Tegal Tahun Ajaran 2017/2018)
PRATOMO, ERIK. 2018. “Eksperimentasi Model Pembelajaran Teams Games
Tournament dan Student Team Achievement Division Terhadap
Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Self Efficacy Peserta
Didik (Suatu Penelitian Pada Pokok Bahasan Polinomial Kelas XI
MIPA SMA Negeri 4 Kota Tegal Tahun Ajaran 2017/2018)”. Skripsi.
Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Drs. Suwandono M.Pd
Pembimbing II Ahmadi,S.Pd.,M.Si.
Kata Kunci: TGT, STAD, kemampuan penalaran matematis, self-efficacy
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan (1) ada perbedaan
kemampuan penalaran matematis peserta didik Kelas XI MIPA SMAN 4 Kota
Tegal Tahun Ajaran 2017/2018 yang diajar menggunakan model pembelajaran
TGT (Teams Games Tournament) dengan model pembelajaran STAD (Student
Team Achievement Division) pada materi polinomial, (2) kemampuan penalaran
matematis peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran TGT lebih baik
daripada yang diajar dengan model pembelajaran STAD pada peserta didik yang
memiliki self efficacy tinggi, 3) Kemampuan penalaran matematis peserta didik
yang diajar dengan model pembelajaran TGT lebih baik daripada yang diajar
dengan model pembelajaran STAD pada peserta didik yang memiliki self efficacy
rendah.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA
semester II SMA Negeri 4 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018 yang
berjumlah 152 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik
stratified sampling dilanjutkan cluster random sampling. Terpilih kelas XI MIPA
3 sebagai kelas uji coba, kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 4 sebagai kelas
eksperimen 1, serta kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen 2.
Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi dan tes.
Teknik analisis data menggunakan uji anava dua jalan dengans sel tak sama
dilanjutkan dengan uji komparasi ganda (scheffe).
Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian: (1) ada perbedaan
kemampuan penalaran matematis peserta didik Kelas XI MIPA SMAN 4 Kota
Tegal Tahun Ajaran 2017/2018 yang diajar menggunakan model pembelajaran
TGT (Teams Games Tournament) dengan model pembelajaran STAD (Student
Team Achievement Division) pada materi polinomial, (2) kemampuan penalaran
matematis peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran TGT lebih baik
daripada yang diajar dengan model pembelajaran STAD pada peserta didik yang
memiliki self efficacy tinggi, (3) Kemampuan penalaran matematis peserta didik
yang diajar dengan model pembelajaran TGT lebih baik daripada yang diajar
dengan model pembelajaran STAD pada peserta didik yang memiliki self efficacy
rendah.
17145000750 | KUR e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain