Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONBERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP SIKAP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester IISMP Negeri 2 Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018 Materi Pokok Aritmetika
DEWI, ARCY SUZANA. 2018. “Keefektifan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division berbantuan Media Pembelajaran terhadap Sikap dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018 Materi Pokok Aritmetika Sosial)” Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Hj. Isnani, M.Si., M.Pd
Pembimbing II Ahmadi, S.Pd., M.Si
Kata Kunci : Keefektifan, STAD, Media Pembelajaran, Sikap, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.
Penelitian pada peserta didik kelas VII semester II SMP Negeri 2 Suradadi Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2017/2018 bertujuan untuk mendiskripsikan: 1) kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD berbantuan media pembelajaran mencapai target, 2) model pembelajaran STAD berbantuan media pembelajaran lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap sikap, 3) model pembelajaran STAD berbantuan media pembelajaran lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, 4) ada perbedaan model pembelajaran STAD berbantuan media pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional terhadap sikap dan kemampuan pemecahan masalah matematika, 5) model pembelajaran STAD berbantuan media pembelajaran lebih baik daripada model pembelajaran kovensional terhadap sikap dan kemampuan pemecahan masalah matematika.
Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIB, VIIC, dan VIIE sebanyak 94 peserta didik dengan teknik pengambilannya menggunakan Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi satu pihak kanan dan uji t satu pihak kanan dengan terlebih dahulu data sudah normal dan homogen secara univariat, uji Manovasatu arahdan uji τ^2-Hotelling dengan terlebih dahulu data sudah normal dan homogen secara multivariat.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD berbantuan media pembelajaran mencapai target, 2) model pembelajaran STAD berbantuan media pembelajaran lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap sikap, 3) model pembelajaran STAD berbantuan media pembelajaran lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, 4) ada perbedaan model pembelajaran STAD berbantuan media pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional terhadap sikap dan kemampuan pemecahan masalah matematika, 5) model pembelajaran STAD berbantuan media pembelajaran lebih baik daripada model pembelajaran kovensional terhadap sikap dan kemampuan pemecahan masalah matematika.
17145000010 | DEW k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain