Skripsi
KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL AYAH KARYA ANDREA HIRATA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA
AINI, LISATUN. 2018.Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Ayah Karya Andrea Hirata dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi. Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.Pembimbing I Tri Mulyono, M.Pd.,Pembimbing II Agus Riyanto, M.Pd.
Kata kunci : Kepribadian, tokoh, novel, pembelajaran sastra
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuin kepribadian tokoh utama dalam novel Ayah karya Andrea Hirata dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan psikologi sastra. Sumberdata penelitian ini adalah novel Ayah karya Andrea Hirata. Wujud data dalam penelitian ini adalah penggalan wacana atau penggalan teks yang mengandung kepribadian tokoh utama dalam novel Ayah karya Andrea Hirata. Teknik pengumpulan datayang digunakan dalam penelitian ini teknik baca dan catat. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis. Teknik penyajian hasil analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode informal.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, kepribadian tokoh utama dalam novel Ayah karya Andrea Hirata meliputi kepribadian yang sabar, tidak mudah putus asa, pekerja keras, rela berkorban, penyayang, keras kepala, baik, hidupnya teratur, sederhana, pasif, dapat menguasai diri, ramah, suka bergaul, memiliki banyak teman, selalu membutuhkan teman, dan terbuka. Dari karakteristik kepribadian tersebut tokoh utama Sabari memiliki kepribadian ekstrovert.
Saran pada penelitian ini adalah siswa dalam membaca novel memperhatikannilai positif, dan untuk guru dapat memilih novel yang memeberi manfaat bagi siswa dalam pembelajaran di sekolah.
15165000800 | AIN k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain