Skripsi
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE KUMON BERBASIS KURIKULUM 2013 TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL PESERTA DIDIK (Studi Penelitian pada Peserta Didik di Ke
TINA ERVIYANI. 2018. Keefektifan Pembelajaran Matematika melalui Metode Pemebelajaran Kumon Berbasis Kurikulum 2013 Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Peserta Didik (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 3 Tegal Tahun Ajaran 2017/2018 pada Materi Pokok Statistika) Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Drs. Suwandono, M.Pd.
Pembimbing II M. Shaefur Rokhman., M.Si.
Kata Kunci : Metode Pembelajaran Kumon Berbasis Kurikulum 2013, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Kemampuan Awal.
Penelitian ini bertujuan : (1)mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang diajar menggunakan metode pembelajaran Kumon berbasis kurikulum 2013 mencapai target KKM 76. (2)mengetahui perbedaan metode pembelajaran Kumon berbasis Kurikulum 2013 dengan metode pembelajaran Inkuiri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari kemampuan awal peserta didik. (3)mengetahui metode pembelajaran Kumon berbasis kurikulum 2013 lebih baik dengan metode pembelajaran Inkuiri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika untuk peserta didik yang mempunyai kemampuan awal tinggi. (4)mengetahui metode pembelajaran Kumon berbasis kurikulum 2013 lebih baik dengan metode pembelajaran Inkuiri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika untuk peserta didik yang mempunyai kemampuan awal rendah.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Tegal Tahun Ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel yang diambil sebanyak 3 kelas yaitu, satu kelas sebagai kelas eksperimen, satu kelas sebagai kelas kontrol, dan satu kelas sebagai kelas uji coba. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan telah diuji validitas dan reliabilitas pada taraf signifikan 5%. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi, rancangan acak kelompok dan uji mann-whitney yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1)kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang diajar menggunakan metode pembelajaran Kumon berbasis kurikulum 2013 mencapai target KKM 76 sebesar 32%. (2)ada perbedaan nilai rata-rata yang signifikan antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan metode pembelajaran Kumon berbasis kurikulum 2013 dengan metode pembelajaran Inkuiri. (3) metode pembelajaran Kumon berbasis kurikulum 2013 lebih baik dengan metode pembelajaran Inkuiri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika untuk peserta didik yang mempunyai kemampuan awal tinggi. (4) metode pembelajaran Kumon berbasis kurikulum 2013 lebih baik dengan metode pembelajaran Inkuiri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika untuk peserta didik yang mempunyai kemampuan awal rendah.
17145000660 | ERV k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain