Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP MOTIVASI, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas XI Semester II SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2017 / 2018)
Hafizhah, Nurin. 2018. “Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share Terhadap Motivasi, Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Matematika (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas XI Semester II SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Ajaran 2017/2018)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I : Hj. Isnani, M.Si., M.Pd.
Pembimbing II : Drs. Suwandono, M.Pd.
Kata Kunci : Keefektifan, Think Pair Share, Motivasi, Kemampuan Berpikir Kritis, Prestasi Belajar, Matematika.
Pembelajaran yang dilaksanakan di SMK PGRI 2 Taman yang masih berpusat pada guru menyebabkan motivasi belajar peserta didik kurang dan kemampuan berpikir kritis serta prestasi belajar matematika peserta didik masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share mencapai target, 2) Motivasi belajar, kemampuan berpikir kritis, kemudian prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share lebih baik daripada pembelajaran konvensional, 3) Ada perbedaan motivasi, kemampuan berpikir kritis, dan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dengan pembelajaran konvensional, 4) Motivasi, kemampuan berpikir kritis, dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share lebih baik daripada pembelajaran konvensional.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI yang berjumlah 539 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, angket, dan tes. Instrumen telah teruji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran pada taraf signifikan 5%. Setelah data berdistribusi normal univariat dan multivariat serta homogen univariat dan multivariat maka dapat dilakukan uji hipotesis menggunakan uji proporsi, uji t satu pihak kanan, uji MANOVA dan uji τ2 – Hotelling.
Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) Prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share mencapai target, 2) Motivasi belajar, kemampuan berpikir kritis, kemudian prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share lebih baik daripada pembelajaran konvensional 3) Ada perbedaan motivasi, kemampuan berpikir kritis, dan prestasi belajar antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dengan pembelajaran konvensional, 4) Motivasi, kemampuan berpikir kritis, dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share lebih baik daripada pembelajaran konvensional.
17145000770 | HAF k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain