Skripsi
EFEKTIFITAS LAYANAN INFORMASI BERBASIS MEDIA SOSIAL (WHATSAPP) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN BERKOMUNIKASI PESERTA DIDIK KELAS X MULTIMEDIA SMK PGRI 2 TAMAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018
SUBEKHI, AKHMAD FIRMAN. 2018. Efektifitas Layanan Informasi Berbasis Media Sosial (Whatshapp) Terhadap Kemampuan Pemahaman Berkomunikasi Peserta Didik Kelas X Multimedia SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I : Dr. H. Suriswo, M.Pd
Pembimbing II : Dr. Hj. Sitti Hartinah, DS, MM
Kata Kunci: Layanan Informasi Berbasis Media Sosial (Whatshapp), Kemampuan Pemahaman Berkomunikasi
Kemampuan pemahaman berkomunikasi adalah kemampuan individu dalam menggunakan saluran komunikasi dengan baik, dapat menerima pesan yang dikirim komunikator dengan baik dapat memahami pesan yang telah diterima dan mendapat umpan balik dari komunikator. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Efektifitas Layanan Informasi Berbasis Media Sosial (Whatshapp) Terhadap Kemampuan Pemahaman Berkomunikasi Peserta Didik Kelas X Multimedia SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2017/2018.
Jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian posttest control group design. Populasi penelitian ini peserta didik kelas X Multimedia SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang yang berjumlah 70 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel penuh dimana sampel merupakan peserta didik kelas X Multimedia berjumlah 70 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas instrument menggunakan rumus Spearman-Brown. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase dan uji-t.
Hasil penelitian ini menunjukan perhitungan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Perhitungan kelompok kontrol memiliki presentase pada kategori kemampuan pemahaman berkomunikasi sangat rendah yaitu 26% dan kategori kemampuan pemahaman berkomunikasi tinggi 3%. Perhitungan kelompok eksperimen memiliki presentase pada kategori kemampuan pemahaman berkomunikasi sangat rendah yaitu 3% dan kategori kemampuan pemahaman berkomunikasi tinggi 40%. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh hasil nilai thitung sebesar 18,03 yang kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,032. Sehingga thitung > ttabel. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho “ditolak” dan Ha “diterima”.
Maka dapat disimpulkan bahwa Layanan Informasi Berbasis Media Sosial (Whatshapp) Efektif Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Berkomunikasi Peserta Didik Kelas X Multimedia SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2017/2018. Adapun saran yang dapat disampaikan yaitu guru pembimbing sebaiknya dapat menerapkan layanan informasi berbasis media sosial (whatsapp) untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi peserta didik.
11145000130 | SUB e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain