Skripsi
PERANAN GURU PPKn DALAM PENANAMAN SIKAP NASIONALISME MELALUI PROSES PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTs TELADAN AL AMARIYAH KAMBANGAN TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018
Irawan. Joko Tri. 2018. Peranan Guru PPkN dalam Penanaman Sikap Nasionalisme Melalui Proses Pembelajaran Peserta Didik Kelas VII Di MTs Teladan Al Amariyah Kambangan Tahun Pelajaran 2017/2018. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Subiyanto, M.Pd.
Pembimbing II Dra. Kusrina, M.Pd.
Kata Kunci : Peranan Guru PPkN dalam Penanaman Sikap Nasionalisme Melalui Proses Pembelajaran Peserta Didik .
Permasalahan dan pertanyaan penelitian ini adalah (1) Bagaimana sikap nasionalisme Peserta Didik Kelas VII di Mts Teladan AL Amiriyah Kambangan.? (2) Bagaimana proses pembelajaran PPKn pada peserta didik Kelas VII di Mts Teladan AL Amiriyah Kambangan (3) Bagaimana Peranan Guru PPKn dalam penanaman Sikap Nasionalisme Melalui Proses Pembelajaran Peserta Didik Kelas VII di Mts Teladan AL Amiriyah Kambangan?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. populasi enam belas peserta didik yang menjadi anggota masyarakat, dan mengambil responden delapan peserta didik yang menjadi anggota masyaarakat. Penelitian ini menggunakan teknik pengecekan kesasihan data dengan Tringulasi, Member check, dan analisis kasus negatif. Dan Teknik analisis data, Data Reduction, Data Display, Conclusion Drawing.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Sikap nasionalisme Peserta Didik Kelas VII di Mts Teladan AL Amiriyah Kambangan sudah baik, hal ini dapat dilihat guru selalu menanamkan rasa Nasionalisme di setiap pembelajaran PPKn dan peserta didik. Akan tetapi didalam penerapann dalam kehidupan sehari-hari masih kurang maksimal. (2) Proses pembelajaran PPKn pada peserta didik kelas VII di Mts Teladan AL Amiriyah Kambangan sudah cukup baik, hal ini dapat dilihat dalam metode pembelajaran yang digunakan guru hanya metode ceramah tetapi juga menggunakan metode tanya jawab maupun diskusi akan tetapi dengan kemajuan jaman metode pembelajaran tersebut masih kurang maksimal.. (3) Peranan Guru PPKn dalam penanaman sikap nasionalisme melalui proses sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari BAB dan materi pembelajaran PPKn yang berisi muatan sikap-sikap nasionalisme
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada (1) Mts Teladan AL Amiriyah Kambangan diharapkan dapat menerapkan, mengembangkan serta membudayakan nilai-nilai Nasionalisme di dalam lingkungan sekolah agar bisa di terapkan dalam kehidupan sehari-hari oleh peserta didik.(2) Seorang guru diharapkan mampu mengarahkan, mendidik, serta membimbing peserta didik untuk menerapkan nilai-nilai Nasionalisme (3) peserta didik diharapkan Supaya lebih aktif lagi dalam mengikuti proses pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, dan meningkatkan prestasi belajar serta dapat menerapkan sikap Nasionalisme di kehidupan sehari-hari.
12145000070 | IRA p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain