Skripsi
ALIH KODE DAN CAMPUR KODE PADA PERCAKAPAN ANTARA GURU DAN SISWA KELAS XI SEMESTER GENAP DI SMA N 1 DUKUHWARU TAHUN 2018 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN DI SMA
RAHMATTIKA, DWI NDARU. 2018. Alih Kode dan Campur Kode pada Percakapan antara Guru dan Siswa Kelas XI Semester Genap di SMA N 1 Dukuhwaru Tahun 2018 dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran di SMA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dra. Sri Mulyati, M.Pd.
Pembimbing II Afsun Aulia Nirmala, M.Pd.
Kata Kunci : alih kode dan campur kode pada percakapan antara guru dan siswa dan implikasinya terhadap pembelajaran di SMA
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana penggunaan alih kode dan campur kode pada percakapan antara guru dan siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 semester genap di SMA N 1 Dukuhwaru, (2) bagaimana implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsi penggunaan alih kode dan campur kode pada percakapan antara guru dan siswa kelas XI semester genap di SMA N 1 Dukuhwaru tahun 2018, (2) mendeskripsi implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh berupa percakapan antara guru dan siswa pada kegiatan belajar mengajar kelas XI semester genap di SMA N 1 Dukuhwaru. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan metode padan dan penyajian hasil analisis secara informal.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peneliti menemukan adanya alih kode dan campur kode berupa tuturan. Peneliti dalam mengumpulkan data telah mencatat dalam buku dan merekam dengan menggunakan handphone. Dari penelitian tersebut, telah ditemukan 11 alih kode dan 21 campur kode.
15145000260 | RAH a C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain