Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MURDER BERBANTUAN PUZZLE MATH TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap Materi Pokok Segiempat Segitiga SMP Negeri 12 Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018)
Dewi, Anggitia Lutfiana. 2018. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe MURDER berbantuan puzzle math terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 12 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018 pada Materi Pokok Segiempat Segitiga). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dra. Eleonora Dwi Wahyuningsih., M.Pd.
Pembimbing II Dian Nataria O., M.Pd.
Kata Kunci : Keefektifan, Kooperatif Tipe MURDER, Puzzle Math, Kemampuan Pemahaman Konsep.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : 1) kemampuan pemahaman konsep yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe MURDER berbantuan puzzle math dapat melampaui KKM. 2) kemampuan pemahaman konsep yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe MURDER berbantuan puzzle math lebih baik daripada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung. 3) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe MURDER berbantuan puzzle math terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII Semester Genap SMP Negeri 12 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 183 peserta didik. Dari populasi diambil sampel dengan menggunakan teknik sampling purposive dan terpilih kelas VII E dan VII F (eksperimen) kelas VII B dan VII C (kontrol) serta VII D (uji coba). Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan tes. Instrumen telah teruji validitas dan reliabilitas pada taraf signifikan 5%. Analisis data menggunakan uji proporsi, uji regresi linier sederhana, dan uji t satu pihak kanan
Hasil penelitian menyatakan bahwa : 1) kemampuan pemahaman konsep matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe MURDER berbantuan puzzle math dapat melampaui KKM dengan KKM 55 dan ketuntasan klasikalnya mencapai 80%, 2) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe MURDER berbntuan puzzle math terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika sebesar 86%, pengaruh 86% artinya model pembelajaran kooperatif tipe MURDER berbantuan puzzle math berpengaruh baik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika sedangkan 14% merupakan pengaruh yang lain, 3) kemampuan pemahaman konsep matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe MURDER berbantuan puzzle math lebih baik dari pada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan rata-rata kelas eksperimen 71,74 dan rata-rata kelas kontrol 39, 19.
17145000180 | DEW k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain