Skripsi
KARAKTERISTIK TINDAK TUTUR BANCI DI KOTA TEGAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA
AMBARWATI, ALIN. 2018. Karakteristik Tindak Tutur Banci di Kota Tegal dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Drs. Bowo Hermaji, M.Pd. / Dr. Burhan Eko P. M.Hum.
Pembimbing II Lely Triana, S.S, M.Pd.
Kata Kunci : karaketristik tindak tutur, implikasi, pembelajaran bahasa Indonesia
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsi wujud tindak tutur banci di Kota Tegal, (2) mendeskripsi fungsi tindak tutur banci di Kota Tegal, (3) mendeskripsi pola interaksi verbal tindak tutur banci di Kota Tegal, dan (4) mendeskripsi implikasi penelitian terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif bersifat deskriptif sedangkan pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan sosiopragmatik. Data yang diperoleh berupa tuturan banci di Kota Tegal. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode simak catat dengan teknik Simak Bebas Libat Cakap (SBLC). Metode analisis data yang digunakan menggunakan metode padan dan penyajian hasil secara informal.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ditemukan tujuh wujud tuturan yang digunakan banci dan lima fungsi tuturan. Tujuh wujud tuturan tersebut diantaranya tindak tutur konstatif, tindak tutur performatif, tindak tutur representatif, tindak tutur direktif, tindak tutur ekspresif, tindak tutur komisif, dan tindak tutur deklratif. Fungsi yang terkandung dalam tuturan tersebut diantaranya fungsi representatif, fungsi direktif, fungsi ekspresif, fungsi komisif, dan fungsi isbati. Pola interaksi verbal yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu pola [T-B] dan pola [I-Ir-T-B]. Implikasi penelitian ini dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA yaitu dapat dijadikan sebuah bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia baik bidang sastra ataupun bahasa yaitu dalam materi drama dan pola pembentukan kalimat, hal ini sesuai dengan silabus SMA kelas XI semester 2.
Saran dalam penelitian ini adalah pendidik diharapkan dapat mempelajari lebih dalam kajian ilmu sosiopragmatik yang akan diterapkan pada peserta didik, untuk peserta didik diharapkan dapat mempelajari dan memahami ilmu bahasa dan sastra dengan baik, karena hal tersebut dapat memberikan sebuah dampak positif dalam kegiatan belajar mengajar, dan bagi pembaca serta masyarakat umum, diharapkan dapat mempelajari dan memahami ragam bahasa Indonesia salah satunya bahasa banci dengan baik dan benar.
15145000590 | AMB k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain