Skripsi
PENGARUH ORIENTASI PASAR, STRATEGI PEMASARAN, DAN KOMPETENSI PEMASARAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA UKM PENGELOLA IKAN ASIN DI JONGOR KELURAHAN TEGALSARI KOTA TEGAL
Mohamad Rizki Wahyudin. Pengaruh Orientasi Pasar, Strategi
Pemasaran, Dan Kompetensi Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Pada UKM
Pengelola Ikan Asin Di Jongor Kelurahan Tegalsari Kota Tegal.
Tujuan penelitian adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar
terhadap volume penjualan pada UKM pengelola ikan asin di Jongor Tegalsari Kota
Tegal. 2) Untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran terhadap volume
penjualan pada UKM pengelola ikan asin di Jongor Tegalsari Kota Tegal. 3) Untuk
mengetahui pengaruh kompetensi pemasaran terhadap volume penjualan pada
UKM pengelola ikan asin di Jongor Tegalsari Kota Tegal. 4) Untuk mengetahui
pengaruh orientasi pasar, strategi pemasaran dan kompetensi pemasaran secara
simultan terhadap volume penjualan pada UKM pengelola ikan asin di Jongor
Tegalsari Kota Tegal.
Hipotesis penelitian adalah : 1) Terdapat pengaruh orientasi pasar terhadap
volume penjualan pada UKM pengelola ikan asin di Jongor Tegalsari Kota Tegal.
2) Terdapat pengaruh strategi pemasaran terhadap volume penjualan pada UKM
pengelola ikan asin di Jongor Tegalsari Kota Tegal. 3) Terdapat pengaruh
kompetensi pemasaran terhadap volume penjualan pada UKM pengelola ikan asin
di Jongor Tegalsari Kota Tegal. 4) Terdapat pengaruh orientasi pasar, strategi
pemasaran, dan kompetensi pemasaran secara bersama-sama terhadap volume
penjualan pada UKM pengelola ikan asin di Jongor Tegalsari Kota Tegal.
Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Sedangkan
metode analisis data adalah analisis kolerasi rank spearman, uji signifikansi
koefisien kolerasi, analisis kolerasi berganda, uji signifikansi koefisien kolerasi
berganda, dan koefisien determinasi.
Diperoleh hasil sebagai berikut : 1) Terdapat pengaruh orientasi pasar
terhadap volume penjualan tergolong kuat, karena diperoleh nilai rs sebesar 0,719
yang berada pada interval koefisien kolerasi 0,600-0,799, dengan nilai signifikansi
0,000 < 0,05. 2) Terdapat pengaruh strategi pemasaran terhadap volume penjualan
tergolong kuat, karena diperoleh nilai rs sebesar 0,704 yang berada pada interval
koefisien kolerasi 0,600-0,799, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. 3) Terdapat
pengaruh kompetensi pemasaran terhadap volume penjualan tergolong kuat, karena
diperoleh nilai rs sebesar 0,678 yang berada pada interval koefisien kolerasi 0,600-
0,799, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. 4) Terdapat pengaruh orientasi pasar,
strategi pemasaran, dan kompetensi pemasaran secara bersama-sama terhadap
volume penjualan tergolong sangat kuat, karena diperoleh nilai R = 0,823 yang
berada pada interval 0,800-1,000 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Besarnya
uji koefisien determinasi sebesar 67,7 % yang berarti total variasi dari volume
penjualan dapat dijelaskan dengan veriabel orientasi pasar, strategi pemasaran, dan
kompetensi pemasaran, sedangkan sisanya 32,3 % dijelaskan oleh faktor lain yang
tidak dapat dijelaskan dalam penelitian ini.
Kata Kunci: orientasi pasar, strategi pemasaran, dan kompetensi pemasaran
41145000410 | WAH p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain