Skripsi
ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN THINK PAIR SQUARE (TPSq) (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Adiwerna Tahun Pelajaran 2017/2018 Materi Pokok Statistika)
Jannah, Miftakhul. 2018. Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Think Pair Square (TPSq). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Drs. Paridjo, M.Pd.
Pembimbing II Wikan Budi Utami, M.Pd.
Kata Kunci: Analisis, Kemampuan Koneksi Matematis, Model Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share (TPS), Think Pair Square (TPSq)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kemampuan koneksi matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) mencapai ketuntasan lebih dari 60% dengan KKM 72. (2) kemampuan koneksi matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq) mencapai ketuntasan lebih dari 60% dengan KKM 72. (3) kemampuan koneksi matematis yang lebih baik antara yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) atau Think Pair Square (TPSq). (4) kemampuan koneksi matematis peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). (5) kemampuan koneksi matematis peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq).
Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Adiwerna tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 9 kelas. Untuk memperoleh data kuantitatif menggunakan teknik simpel random sampling, yaitu kelas VIII E sebagai kelas eksperimen 1, kelas VIII D sebagai kelas eksperimen 2, dan kelas VIII F sebagai kelas uji coba. Sedangkan untuk memperoleh data kualitatif menggunakan teknik purposive sampling, yaitu diperoleh 12 peserta didik berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Pengumpulan data kuantitatif yaitu dengan tes kemampuan koneksi matematis, sedangkan pengumpulan data kualitatif dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara.
Hasil Penelitian ini menunjukkan: (1) kemampuan koneksi matematis peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) mencapai ketuntasan lebih dari 60% dengan KKM 72. (2) kemampuan koneksi matematis peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPS) mencapai ketuntasan lebih dari 60% dengan KKM 72. (3) kemampuan koneksi matematis yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih baik daripada Think Pair Square (TPSq). (4) kemampuan koneksi matematis peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) sebagian sudah dapat dicapai oleh peserta didik kelompok rendah, sedang, dan tinggi. (5) kemampuan koneksi matematis peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Think Pair Square (TPSq) sebagian sudah dapat dicapai oleh peserta didik kelompok rendah, sedang, dan tinggi.
17145000580 | JAN a C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain