Skripsi
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN MODELCONCEPT SENTENCE PADA SISWA KELAS VIII MTs AL AZHAR BOJONG KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Fuaeda, Aeka Ilvi. 2018. “Keefektifan Pembelajaran Menulis Teks Berita dengan Model Concept Sentence pada Siswa Kelas VIII Mts Al Azhar Bojong Kabupaten TegalTahun Pelajaran 2018/2019”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum.
Pembimbing II Lely Triana, S. S.,M.Pd.
Kata kunci: Keefektifan, model concept sentence, menulis teks berita.
Skripsi ini bertujuan sebagai berikut. Mendeskripsikan proses pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII MTs Al Azhar Bojong Kabupaten Tegal, mendeskripsikan penerapaan model concept senrence dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII MTs Al Azhar Bojong Kabupaten Tegal, dan mendeskripsikan keefektifan model concept sentence dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII MTs Al Azhar Bojong Kabupaten Tegal.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Desain dalam penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Variabel dalam penelitian ini berupa variabel bebas yaitu model concept sentence dalam menulis teks berita dan berupa variabel terikat yaitu kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII MTs Al Azhar Bojong Kabupaten Tegal. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII MTs Al Azhar Bojong kabupaten Tegal yang berjumlah sepuluh kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII C sebagai kelas kontrol dan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalan teknik Cluster Random Sampling.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa hasil thitung pada setiap kelompok lebih tinggi dari ttabel. Pada kelompok eksperimen thitungnya adalah 14,09 ≥ ttabel df=1,70 dan kelompok kontrol thitungnya adalah 12,5 ≥ ttabel df=1,70 yang berarti pelaksanaan pembelajaran menulis teks berita menggunakan model concept sentence maupun tanpa menggunakan model concept sentence sama-sama berpengaruh positif dalam pembelajaran menulis teks berita. Serta model pembelajaran concept sentence efektif pada pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII MTs Al Azhar Bojong Kabupaten Tegal. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan diperoleh thitung 5,96 ≥ ttabel df 73 = 1,67.
Berdasarkan pada hasil penelitian, guru mata pelajaran Bahasa Indonesia bisa menggunakan model pembelajaran concept sentence pada saat melaksanakan pembelajaran menulis teks berita. Hal ini dikarenakan penggunaan model pembelajaran concept sentence terbukti lebih efektif dalam pembelajaran menulis teks berita.
15145000010 | FUA k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain