Skripsi
FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERINVESTASI DI PASAR MODAL PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh : (1) motivasi investasi, (2) pengetahuan investasi, (3) pelatihan pasar modal, (4) persepsi risiko, (5) modal investasi minimal, dan (6) kemajuan teknologi terhadap minat berinvestasi di pasar modal pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasakti Tegal.
Populasi dalam penelitian ini adalah 799 mahasiswa akuntansi dan manajemen semester 6 dan 8 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasakti Tegal, dengan sampel penelitian berjumlah 89 sampel. Pengambilan sampel menggunakan slovin. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode survei, dengan sumber data berupa kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah pengujian instrumen penelitian, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) secara simultan motivasi investasi, pengetahuan investasi, pelatihan pasar modal, persepsi risiko, modal investasi minimal, dan kemajuan teknologi berpengaruh signifikan terhadap minat berinvestasi di pasar modal pada mahasiswa FEB UPS Tegal, (2) secara parsial motivasi investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi mahasiswa di pasar modal, (3) secara parsial pengetahuan investasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap minat berinvestasi mahasiswa di pasar modal, (4) secara parsial pelatihan pasar modal berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap minat berinvestasi mahasiswa di pasar modal, (5) secara parsial persepsi risiko berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap minat berinvestasi mahasiswa di pasar modal, (6) secara parsial modal investasi minimal berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap minat berinvestasi mahasiswa di pasar modal, (7) secara parsial kemajuan teknologi berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap minat berinvestasi mahasiswa di pasar modal.
Kata kunci : Minat berinvestasi di pasar modal, motivasi investasi, pengetahuan investasi, pelatihan pasar modal, persepsi risiko, modal investasi minimal, kemajuan teknologi.
43145001840 | ADA f C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain