Skripsi
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LIKUIDITAS, PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017)
Kharisna Fitri. “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahan Sektor Industri Barang Konsumsi Tahun 2015-2017”. Skripsi. Tegal. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pancasakti Tegal. 2018.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, likuiditas, profitabilitas, dan leverage terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Variabel independen dalam penelitian ini adalah ukuran perusahaan, likuiditas, profitabilitas, dan leverage, sedangkan variabel dependennya yaitu pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan tahunan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang go publik dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2015-2017 dalam penelitian ini ditetapkan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampeling, yaitu memilih sampel berdasarkan kriteria - kriteria tertentu sesuai dengan yang dikehendaki oleh peneliti. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 23 perusahaan dengan pengamatan selama 3 tahun sehingga terpilih sebanyak 69 obyek pengamatan. penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan bantuan program spss.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ukuran perusahaan, likuiditas dan leverage tidak berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan yang diukur menggunakan log natural, Current ratio dan DER (Debt Equity Ratio). Profitabilitas berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan yang diukur menggunakan NPM (Net Profit Margin).
Kata kunci: Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Profitabilitas, dan Leverage
43145000880 | FIT p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain