Skripsi
KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 DUKUHWARU TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Febriani, AjengMurti. 2018. “Keefektifan Penggunaan Model Think Pair SharedalamPembelajaran Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 DukuhwaruTahun Pelajaran 2017/2018.” Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dra.Sri Mulyati, M.Pd.
Pembimbing II : KhusnulKhotimah, M.Pd.
Kata Kunci : Keterampilan menulis teks berita, model think pair share.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model think pair share terhadap kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dukuhwaru Tegal tahun pelajaran 2017/2018.
Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dukuhwaru yang berjumlah 326 siswa dari 9 kelas. Dari jumlah populasi tersebut kemudian diadakan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik pengambilan sampel cluster random sampling sehingga memperoleh dua kelas dari jumlah populasi yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Terdapat dua variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel bebas berupa model pembelajaran think pair share, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil pembelajaran menulis teks berita. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah berupa tes hasil belajar. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif menggunakan uji statistik yaitu uji t non independen dan uji t independen.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan menulis teks berita dengan menggunakan model pembelajaran think pair share. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan hasil perbandingan antara hasil pretestdan postestantara kedua kelas tersebut. Hasil pretes pada kelas eksperimen dalam menulis teks berita siswa memperoleh rata-rata 66,86, sedangkan untuk post test sebanyak 78,11. Peningkatan menulis teks berita pada siswa dapat dilihat dari hasil post test yang mengalami peningkatan sebanyak 11.25. Pada kelas kontrol penulisan teks berita untuk pre test siswa memperoleh rata-rata 65,69 sedangkan untuk post testnya yaitu 72,33. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai thitung ≥ ttabel atau = 4,55 ≥ 1,67 yang berarti hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang artinya model pembelajaran think pair share efektif dalam pembelajaran menulis teks berita pada kelas VIII SMP Negeri 1 Dukuhwaru Tegal.
15145000360 | FEB k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain