Skripsi
WACANA GRAFITI PADA BAK TRUK DI JALAN PANTURA BREBES-TEGAL
JULEKHA, SITI. 2018. “Wacana Grafiti pada Bak Truk di Jalan Pantura Brebes-Tegal”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Drs. Bowo Hermaji, M.Pd.
Pembimbing II Afsun Aulia Nirmala, M.Pd.
Kata kunci: wacana, pembelajaran bahasa Indonesia
Penelitian ini membahas wacana grafiti dalam bak truk di jalan pantura Brebes-Tegal. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsi bentuk wacana grafiti pada bak truk di jalan Pantura Brebes-Tegal, 2) Mendeskripsi fungsi wacana grafiti pada bak truk di jalan Pantura Brebes-Tegal, dan 3) Mendeskripsi implikasi terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMP.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah tulisan grafiti pada bak truk di jalan Pantura Brebes-Tegal. Wujud data dalam penelitian ini adalah berupa wacana yang mengandung makna dalam tulisan grafiti pada bak truk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak dengan teknik lanjutan catat. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode agih dan padan.
Penelitian ini menemukan lima bentuk wacana, yaitu:1) Wacana narasi, 2) Wacana eksposisi,3) Wacana argumentasi, 4) Wacana deskripsi dan 5) Wacana persuasi. Sedangkan fungsi wacana dibagi menjadi enam, yaitu: 1) Instrumental, 2) Regulatif, 3) Pemerian, 4) Interaksi, 5) Perseorangan dan 6) Heuristik.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa bentuk wacana yang sering muncul adalah wacana argumentasi dalam wacana grafiti pada bak truk. Sedangkan fungsi wacana yang sering muncul adalah fungsi regulatif. Tidak hanya itu pula, terdapat beberapa data berupa kalimat yang mengandung wacana lebih dari satu.Wacana dapat diimplikasikan dalam pembelajaran poster pada kelas VIII Sekolah Menengah Pertama.
15145000330 | JUL w C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain