Skripsi
METAFORA DALAM TUTURAN KOMENTATOR SEPAK BOLA BUNG VALENTINO SIMANJUNTAK PADA PERTANDINGAN GO-JEK LIGA 1 2018 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA (KAJIAN SEMANTIK)
MUSHOFI, AZKI, 2018. “Metafora dalam tuturan Komentator Sepak Bola Bung Valentino Simanjuntak pada pertandingan Go-Jek Liga 1 2018 dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA.” Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan . Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I : Dra. Sri Mulyati,M.Pd.
Pembimbing II : Afsun Aulia Nirmala,M.Pd.
Kata Kunci : metafora, tuturan, implikasi
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan bentuk metafora dalam tuturan komentator Bung Valentino Simanjuntak pada pertandingan Liga 1 2018. (2) Mendeskripsikan jenis metafora dalam tuturan komentator Bung Valentino Simanjuntak pada pertandingan Liga 1 2018. (3)Mendeskripsikan makna metafora dalam tuturan komentator Bung Valentino Simanjuntak pada pertandingan Liga 1 2018.
Penelitian ini menggunakan pendekatan semantik dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber penelitian ini adalah siaran langsung pertandingan Liga 1 2018 yang dikomentatori oleh Bung Valentino Simanjuntak. Data penelitian ini adalah satuan lingual yang mengandung metafora dan makna ungkapan metaforis yang terdapat dalam tuturan komentator Bung Valentino Simanjuntak pada pertandingan Liga 1 2018. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik rekam, kemudian data disimak dan dicatat. Tenik analisis data dilakukan dengan (1) Mengidentifikasi bentuk tuturan. (2) Menganalisis makna metafora. (3) Menentukan metaphor/vehicle, meaning/topic, dan connection/ground. (4) Menganalisis jenis metafora yang ada dalam tuturan komentator Bung Valentino Simanjuntak menurut teori Knowles and Moon.
Hasil penelitian ini dapat ditemukan 40 data, dan data tersebut mengandung dua jenis metafora, yaitu 24 jenis metafora konvensional, dan 16 jenis metafora kreatif. Hasil penelitian tersebut dapat di implikasikan terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA khususnya kelas X semester 2 dengan materi pembelajan teks puisi.
Berdasarkan pada hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, dalam pembelajaran memproduksi teks puisi siswa harus mampu menguasai majas terutama majas metafora. Guru hendaknya dapat memberikan contoh cara membuat puisi yang baik dengan majas untuk memperindah setiap kata.
15145000650 | MUS m C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain