Skripsi
THE USE OF ROLE, AUDIENCE, FORMAT AND TOPIC (RAFT) STRATEGY STUDENTS’ WRITING ACHIEVEMENT TO TEACH WRITING TO THE STUDENTS OF SENIOR HIGH SCHOOL (An Experimental Study of the Tenth Grade Students of SMA NU 01 Hasyim Asy’ari Tarub in the Academic Year
DEWI, KRISNA. 2018. 1614500002. Penggunaan Strategi Role, Audience, Format, and Topic (RAFT)pada Prestasi Menulis Siswa untuk Mengajar menulis siswa SMA (Sebuah Studi Eksperimental pada Siswa Kelas Sepuluh SMA NU 01 Hasyim Asy’ari Tarub Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi Program Strata 1. Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Dosen Pembimbing pertama adalah H, Masfuad. ES, M.Pd and Dosen Pembimbing kedua adalah Yuvita, M.Pd.
Kata Kunci: Strategi Role, Audience, Format, dan Topic(RAFT), Prestasi Menulis Siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat efek yang positif dalam penerapan strategi RAFT pada prestasi menulis siswa sekolah menengah atas.
Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas sepuluh di SMA NU 01 Hasyim Asy’ari Tarub pada tahun ajaran 2017/2018, terdiri dari 122 siswa. Penelitian ini menggunakan desain dua kelompok; kelompok pertama disebut kelompok eksperimen (kelompok yang diajar menggunakan strategi RAFT), sedangkan kelompok kedua disebut kelompok kontrol (kelompok yang tidak diajar menggunakan strategi RAFT). Sampel penelitian diambil menggunakan cluster random sampling, setiap kelompok terdiri dari 30 siswa.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah testulis tentang pengalaman pribadi berdasarkan RAFT dengan menggunakan format bebas. Tes dilaksanakan setelah dua kelompok tersebut mendapat pengajaran selama 8 kali pertemuan. Tes dilaksanakan untuk mengetahui apakah siswa yang diajar menggunakan strategi RAFT memperoleh hasil belajar menulis yang lebih baik daripada siswa yang tidak diajar menggunakan strategi RAFT. Tes menulis ini dinilai menggunakan rubric penilaian menulis dari Brown.
Analisis data penelitian diuji menggunakan uji-t untuk mengetahui apakah hipotesis penelitian diterima atau tidak. Berdasarkan hasil perhitungan, didapatkan t-hitung sebesar 3,625. Nilai t-tabel pada taraf signifikansi (α) 5% dan derajat kebebasan (dk) 58 adalah 1,672. Hal ini menunjukan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel (3,625>1,672), sehingga hipotesis penelitian diterima. Jadi, kesimpulan dari penelitian ini adalah Strategi RAFT memberikan efek yang positif pada prestasi menulis untuk mengajar dalam menulis siswa yang diajar menggunakan strategi RAFT.
Hal ini disarankan kepada para pengajar untuk mengaplikasikan Strategi RAFT dalam pengajaran Menulis. Strategi ini dapat digunakan untu kmengatasi kesulitan siswa dalam menulis paragraf pada teksrecount. Oleh karena itu, para pengajar dapat meningkatkan prestasi menulis siswa.
16145000020 | DEW u C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain