Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) BERBANTUAN APLIKASI PREZI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian pada Materi Pokok Segiempat untuk Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 1 Suradadi Tahun Pelajaran 2017/2018)
LAKSANA, WAHYU AGENG. 2018. “Keefektifan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbantuan Aplikasi Prezi Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Studi Penelitian pada Materi Pokok Segiempat untuk Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 1 Suradadi Tahun Pelajaran 2017/2018)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dra. Eleonora Dwi W., M.Pd.
Pembimbing II Wikan Budi Utami, M.Pd.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW), Aplikasi Prezi, Prestasi Belajar Matematika.
Sebagian besar peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Suradadi mempunyai prestasi belajar matematika yang masih rendah. Berkaitan hal ini perlu adanya inovasi dalam penyampaian materi pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk lebih aktif. Upaya yang dapat ditempuh adalah penerapan model pembelajaran think talk write berbantuan aplikasi prezi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1)prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran think talk write berbantuan aplikasi prezi 75% mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal. (2)terdapat perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran think talk write berbantuan aplikasi prezi dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori. (3)model pembelajaran think talk write berbantuan aplikasi prezi lebih efektif daripada model pembelajaran ekspositori terhadap prestasi belajar matematika peserta didik.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII semester II SMP Negeri 1 Suradadi tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri atas 9 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 2 kelas sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran think talk write berbantuan aplikasi prezi, 2 kelas sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran ekspositori, dan 1 kelas uji coba. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan uji proporsi, uji t dua pihak, dan uji t satu pihak kanan, yang sebelumnya telah dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran think talk write berbantuan aplikasi prezi 75% mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal. (2)terdapat perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran think talk write berbantuan aplikasi prezi dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori. (3)model pembelajaran think talk write berbantuan aplikasi prezi lebih efektif daripada model pembelajaran ekspositori terhadap prestasi belajar matematika peserta didik.
17145000680 | LAK k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain