Skripsi
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN
ANDRIYANI, LAELI. 2018. “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Awal. Skripsi. Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I. Drs. Ponoharjo, M.Pd
Pembimbing II. Rizqi Amaliyakh S., M.Pd
Kata Kunci : Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), Pendekatan Konstruktivisme, Kemampuan Penalaran Matematis.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Apakah kemampuan penalaran matematis peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan konstruktivisme telah memenuhi KKM. 2) Membuktikan apakah ada perbedaan kemampuan penalaran matematis peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pendekatan konstruktivisme dengan yang diajar dengan model pembelajaran langsung. 3) Membuktikan apakah kemampuan penalaran matematis peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pendekatan konstruktivisme lebih baik dibandingkan dengan yang diajar dengan model pembelajaran langsung ditinjau dari kemamapuan awal tinggi. 4) Membuktikan apakah kemampuan penalaran matematis peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pendekatan konstruktivisme lebih baik dibandingkan dengan yang diajar dengan model pembelajaran langsung ditinjau dari kemamapuan awal rendah.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII semester genap SMP Negeri 2 Kramat tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel mengggungan simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah uji proporsi satu pihak kanan, uji t dua pihak, dan uji t satu pihak kanan, yang sebelumnya telah dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas dengan menetapkan taraf signifikan 5%.
Hasil penelitian diperoleh: 1) Kemampuan penalaran matematis peserta didik yang diajar model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan konstruktivisme telah memenuhi KKM dengan Zhitung = 2,3333. 2) Ada perbedaan kemampuan penalaran matematis antara peserta didik yang diajar model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan konstruktivisme dengan yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung dengan thitung = 3,8089 3) Kemampuan penalaran matematis peserta didik yang diajar model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan konstruktivisme lebih baik dibandingkan dengan yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung ditinjau dari kemampuan awal tinggi dengan thitung = 3,5286. 4) Kemampuan penalaran matematis peserta didik yang diajar model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan konstruktivisme lebih baik dibandingkan dengan yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung ditinjau dari kemampuan awal rendah dengan thitung = 1,7731.
17145000090 | AND e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain