Skripsi
IMPLEMENTASI EMPAT PILAR KEBANGSAAN MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MENUMBUHKAN WAWASAN KEBANGSAAN KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI 01 BREBES TAHUN 2017/2018
Febriani, Khoerilio. 2018. “Implementasi Empat Pilar Kebangsaan Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dengan Menumbuhkan Wawasan Kebangsaan Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 01 Brebes Tahun 2017/2018”. Skripsi. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dr. Hj. Tity Kusrina, M.Pd
Pembimbing II Wahyu Jati Kusuma, MH
Kata Kunci : Wawasan Kebangsaan, Empat Pilar Kebangsaan
Wawasan Kebangsaan mengacu pada pengertian pengenalan, pemahaman, kesadaran, dan sikap terhadap pilar kehidupan berbangsa dan bernegara dan menjadikan sebagai orientasi dan perwujudan nilai dan tingkah laku sehari-hari tersebut merupakan konsensus nasional. Sebagai kepribadian dan jati diri Bangsa dan Negara Indonesia, yang terdiri dari 4 (empat) pilar. Tujuan penelitian untuk Mengetahui sejauh mana peserta didik memaknai akan 4 pilar kebangsaan terutama pada pilar pertama yaitu Pancasila, mengetahui proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam materi Pancasila dan mengetahui kondisi wawasan kebangsaan peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Negeri 01 Brebes tahun 2017/2018.
Responden penelitian guru dan peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Negeri 01 Brebes Tahun 2017-2018 dengan 1 Guru dan 8 Peserta didik dari perwakilan tiap Kelas X Iis. Metode penelitian menggunakan metode pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan prosedur analisis data dengan melalui tahap: pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan verifikasi data
.
Berdasarkan penelitian mengenai pemahaman Empat Pilar kebangsaan, guru sudah mensosialisasikan yang terkandung didalam Pancasila kepada siswa dengan melakukan interaksi tenang, mengenai pembelajaran pendidikan kewarganegaraan, peserta didik Madrasah Aliyah Negeri 01 Brebes senang dan bersemangat dalam mengembangkan Pendidikan Kewarganegaraan, dalam pemahaman dan penerapan wawasan kebangsaan, peserta didik di tuntut untuk memberikan contoh-contoh yang baik bagi bangsa.
Hasil menunjukkan bahwa, terdapat pengaruh yang signifikan mengenai pemahaman siswa terhadap materi Empat Pilar Kebangsaan terutama pilar pertama yaitu Pancasila yang memberikan pengaruh pada wawasan kebangsaan siswa. Proses penerapan Pancasila oleh peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Negeri 01 brebes sudah pada tingkat sedang, dimana siswa dapat memahami Pancasila dan ada upaya yang dilakukan untuk mengamalkan Pancasila.
12115000230 | FEB i C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain