Skripsi
KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII Semester II di SMP Negeri 10 Tegal dengan Materi Pokok Segiempat Tahun Pelajaran 2017/2018)
YANTI, CUSI ANDRI. 2018. “Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran Think Pair Share Dan Numbered Head Together Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Materi Pokok Segiempat (Studi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP N 10 Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018)”Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Pancasakti.
Pembimbing I Drs. Suwandono, M.Pd.
Pembimbing II Ibnu Sina., S.T., M.Pd. M.Kom
Kata Kunci: Efektifitas, Model Pembelajaran Think Pair Share dan Numbered Head Together, Prestasi Belajar Matematika.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui Prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together memenuhi target KKM pada materi segiempat. 2) Untuk mengetahui Prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share memenuhi target KKM pada materi segiempat. 3) Untuk mengetahui terdapat perbedaan prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dan Think Pair Share.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP N 10 Tegal Tahun Ajaran 2017/2018 yang terdiri atas 207 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling yang terdiri atas 90 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan teknik tes. Analisis data yang digunakan adalah uji proporsi untuk hipotesis yang pertama dan kedua, dan uji-t dua pihak untuk hipotesis yang ketiga dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian ini diperoleh: 1) Prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together memenuhi target KKM, dengan zhitung = 2,859. 2) Prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share memenuhi target KKM, dengan zhitung = 2,483. 3) Ada perbedaan model pembelajaran pembelajaran Numbered Head Together dan model pembelajaran Think Pair Share terhadap prestasi belajar peserta didik dengan Thitung = 2,071.
17145000440 | YAN k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain