Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA MATERI SEGI EMPAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTS MA’ARIF NU 5 DAWUHAN TAHUN AJARAN 2017/2018
MASITOH, SITI. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) pada Materi Segi Empat terhadap Prestasi Belajar Matematika dan Minat Belajar Peserta Didik Kelas VII di MTs Ma’arif NU 5 Dawuhan tahun ajaran 2017/2108”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Drs. Paridjo, M.Pd.
Pembimbing II Ahmadi, S.Pd.,M.Si.
Kata Kunci : Pengaruh, Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) , Prestasi Belajar, Minat Belajar.
Peserta didik MTs Ma’arif NU 5 Dawuhan khususnya kelas VII sebagian menganggap matematika sebagai pelajaran yang sulit dan tidak menarik, sehingga banyak siswa yang kurang berminat dalam belajar matematika, hal ini berdampak buruk bagi prestasi belajar matematika. Selanjutnya dilakukan penelitian dengan bertujuan untuk mengetahui apakah: (1) prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) lebih daripada prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung, (2) minat belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) lebih baik daripada minat peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung, (3) ada perbedaan prestasi belajar dan minat belajar peserta didik yang diajar menggunakan Realistic Mathematic Education (RME) dengan model pembelajaran langsung.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas VII semester II MTs Ma’arif NU 5 Dawuhan 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, angket dan tes. Instrumen yang digunakan adalah angket dan tes. Analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak kanan, manova dan dilanjutkan uji τ2-Hotelling.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) lebih baik daripada model pembelajaran langsung terhadap prestasi belajar matematika peserta didik, (2) Model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) lebih baik daripada model pembelajaran langsung terhadap minat belajar matematika peserta didik, (3) Ada perbedaan setelah diajar menggunakan Model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dengan model pembelajaran langsung terhadap prestasi belajar matematika dan minat belajar peserta didik, (4) Model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) lebih baik daripada model pembelajaran langsung terhadap prestasi belajar matematika dan minat belajar peserta didik.
17145000350 | MAS p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain