Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALLY (SAVI) DISERTAI ICE BREAKING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian pada Materi Pokok Segiempat untuk Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 9 Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018)
ANITA, DWI YULI. 2018. “Keefektifan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intelektualy (SAVI) disertai Ice Breaking terhadap prestasi belajar matematika (Studi penelitian pada materi pokok segiempat untuk peserta didik kelas VII Semester II SMP Negeri 9 Tegal tahun pelajaran 2017/2018)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dra. Eleonora Dwi W., M.Pd.
Pembimbing II Drs. Paridjo, M.Pd.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intelektualy (SAVI), Ice Breaking, Prestasi Belajar.
Pembelajaran di SMP Negeri 9 Tegal masih berpusat pada guru yang megakibatkan peserta didik cenderung pasif dan bosan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran SAVI disertai Ice Breaking mencapai target, membuktikan ada perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran SAVI disertai Ice Breaking dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori, membuktikan prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran SAVI disertai Ice Breaking lebih baik dari pada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII semester II SMP Negeri 9 Kota Tegal tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri atas 5 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan 2 kelas sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan menetapkan taraf signifikansi 5% adalah uji proporsi, uji-t dua arah dan uji-t satu pihak kanan, yang sebelumnya telah dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian: membuktikan prestasi belajar matematika model pembelejaran SAVI disertai Ice Breaking mencapai target, ada perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran SAVI disertai Ice Breaking dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pebelajaran ekspositori, prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar mengunakan model pembelajaran SAVI disertai Ice Breaking lebih baik daripada yang diajar model pembelajaran ekspositori.
17145000110 | ANI k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain