Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CAURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN MICROSOFT POWER POINT TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA (Studi Penelitian Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018 pada Materi Pokok Kubus dan Balok)
ELIYAH, SITI. 2018. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Caurse Review Horay Berbantuan Microsoft Power Point Terhadap Kepercayaan Diri dan Prestasi Belajar Matematika Siswa (Studi Penelitian Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018 pada Materi Pokok Kubus dan Balok)” telah disetujui oleh Dosen Pembimbing untuk dipertahankan di hadapan sidang Dewan Penguji Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Hj. Isnani, M.Si., M.Pd
Pembimbing II Wikan Budi Utami, M.Pd
Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Caurse Review Horay (CRH), Microsoft Power Point, Kepercayaan Diri dan Prestasi Belajar.
Matematika dalam dunia pendidikan merupakan mata pelajaran yang jumlah jamnya banyak sehingga siswa akan mudah bosan untuk mengikuti pembelajaran bahkan enggan untuk mengikuti, sehingga berdampak pada prestasi belajar yang rendah. Maka dari itu, perlu adanya proses pembelajaran yang mampu menumbuhkan kepercayaan diri dan prestasi belajar siswa, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran CRH berbantuan microsoft power point. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan : (1) prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model CRH berbantuan microsoft power point mencapai target, (2) kepercayaan diri siswa yang diajar menggunakan model CRH lebih baik daripada model Konvensional, (3) prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan model CRH lebih baik daripada model Konvensional, (4) ada perbedaan kepercayaan diri dan prestasi belajar antara siswa yang diajar menggunakan model CRH dengan model Konvensional, (5) kepercayaan diri dan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan model CRH lebih baik daripada model Konvensional.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018 berjumlah 190 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak satu kelas sebagai kelas eksperimen, satu kelas sebagai kelas kontrol, dan satu kelas sebagai kelas uji coba. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, angket dan tes. Instrumen penelitian berupa angket kepercayaan diri dan tes prestasi yang telah teruji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda, pada taraf signifikansi 5%. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi, uji t satu pihak kanan, MANOVA kemudian τ2–Hotelling setelah berdistribusi normal dan homogen.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model CRH berbantuan microsoft power point tidak mencapai target, (2) kepercayaan diri siswa yang diajar menggunakan model CRH lebih baik daripada model Konvensional, (3) prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan model CRH lebih baik daripada model Konvensional, (4) ada perbedaan kkepercayaan diri dan prestasi belajar antara siswa yang diajar menggunakan model CRH dengan model Konvensional, (5) kepercayaan diri dan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan model CRH lebih baik daripada model Konvensional.
17145000650 | ELI k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain