Skripsi
ANALISIS PENGARUH FASILITAS DAN KUALITAS LAYANAN KESEHATAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI PUSKESMAS SLAWI
Sulistyani Rachmawati, NPM 41145001266. Analisis Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Layanan Kesehatan Terhadap Loyalitas Pelanggan di Puskesmas Slawi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasakti Tegal 2018.
Tujuan Penelitian : 1). Untuk mengetahui dan menganalisis apakah fasilitas berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan di Puskesmas Slawi 2). Untuk mengetahui dan menganalisis apakah kualitas layanan berpengaruh terhadap terhadap loyalitas pelanggan di Puskesmas Slawi 3). Untuk mengetahui pengaruh secara simultan antara fasilitas dan kualitas layanan kesehatan terhadap loyalitas pelanggan di Puskesmas Slawi.
Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang berkunjung di Puskesmas Slawi periode tahun 2018. Adapun sampel yang dipakai adalah metode simple random sampling dan sample non probalities. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah tekhnik analisis uji validitas instrumen dan uji reliabilitas instrument dengan analisis rank Spearman’s dan analisis Korelasi Simultan.
Hasil penelitian 1). Fasilitas berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan di Puskesmas Slawi. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan analisis korelasi rank spearman diperoleh nilai sig (0,000) < 0,05 yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara fasilitas dengan loyalitas pelanggan di Puskesmas Slawi 2). Kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan di Puskesmas Slawi. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan analisis korelasi rank spearman diperoleh nilai sig (0,000) < 0,05 yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan di Puskesmas Slawi. 3). Fasilitas dan kualitas layanan secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan di Puskesmas Slawi. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan analisis korelasi simultan diperoleh nilai F change (0,000) < 0,05 yang berarti ada pengaruh fasilitas dan kualitas layanan secara simultan terhadap loyalitas pelanggan di Puskesmas Slawi.
Kata Kunci : Pengaruh Fasilitas. Kualitas Layanan dan Loyalitas Pelanggan.
41145002660 | RAC a C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain