Skripsi
KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN TIMES GAMES TOURNAMENT MENGGUNAKAN KARTU SOAL BERUPA GAMBAR DAN KARTU JAWABAN PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X SMA AL-IRSYAD KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2017/2018
NURHAYATI, DWI. 2018. Keefektifan Model Pembelajaran Times Games Tournament Menggunakan Kartu Soal Berupa Gambar dan Kartu Jawaban pada Pembelajaran Menulis Teks Anekdot pada Siswa Kelas X SMA Al-Irsyad Tahun Pelajaran 2017/2018 . Skripsi. Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dr. Burhan Eko P. M.Hum.
Pembimbing II Syamsul Anwar, M.Pd.
Kata Kunci : Keefektifan model TGT, kemampuan menulis teks anekdot.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis teks anekdot dan keefektifan media gambar dalam pembelajaran menulis teks anekdot serta mendeskripsikan perubahan perilaku siswa setelah pembelajaran menulis teks anekdot menggunakan media gambar pada siswa kelas X SMA Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018.
Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling diperoleh sampel sebanyak 44 siswa, yaitu siswa kelas X is 2 sebanyak 22 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas X is 1 sebanyak 22 siswa sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis komparatif dengan rumus Uji-t.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan kemampuan menulis teks anekdot yang signifikan. Pernyataan tersebut terbukti dari hasil perhitungan uji t non-independen hasil pre-test dan post-test satu kelas yang sama. Hasil dari perhitungan kelas eksperimen diperoleh hasil thitung > ttabel (9,025 > 1,721) dengan taraf signifikan 0,05 dan d.b/d.f sebesar 21 dan perhitungan kelas kontrol diperoleh hasil thitung > ttabel (5,898 > 1,682).
Berdasarkan hasil penelitian sebagai sarannya adalah bagi guru mata pelajaran bahasa Indonesia hendaknya menggunakan media gambar sebagai media pembelajaran. Media gambar tersebut terbukti dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis teks anekdot. Selain itu, media gambar dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan.
15135000140 | NUR k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain