Skripsi
TUTURAN IMPERATIF DALAM NOVEL SITTI NURBAYA (KASIH TAK SAMPAI) KARYA MARAH RUSLI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP.
AMELIANI, DESI RESKI. 2018. Tuturan Imperatif Dalam Novel Sitti Nurbaya (Kasih Tak Sampai) Karya Marah Rusli dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Skripi. Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Drs. Bowo Hermaji, M.Pd.
Pembimbing II Agus Riyanto, M.Pd.
Kata Kunci : Tuturan Imperatif, Novel Sitti Nurbaya (Kasih Tak Sampai) dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya wujud, fungsi dan makna yang terdapat pada novel Sitti Nurbaya (Kasih Tak Sampai) dan mengimplikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMP.
Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan datayang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simak catat. Peneliti menyimak sebuah tuturan yang ada didalam novel dengan cara membaca dan mencatat semua percakapan yang berupa tuturan imperatif. Data penelitian bersumber dari novel Sitti Nurbaya (Kasih Tak Sampai) Karya Marah Rusli.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa, Wujud dan makna tuturan imperatif yang terdapat dalam novel adalah: 25 data wujud dan makna imperatif perintah 12%, suruhan 20%, permintaan izin 12%, larangan 32%, ajakan 16%, pemberian ucapan selamat 4% dan permintaan 4%, fungsi yang ditemukan adalah fungsi direktif 42,86% dan isbati 57,14%.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada siswi untuk meningkatkan kemampuan memahami sebuah bahasa yang sesuai dengan bahasa Indonesia khususnya dalam tuturan imperatif – imperatif yang ada di dalam tuturan sebuah novel. Pihak guru disarankan untuk lebih mengarahkan atau mengajarkan siswanya menggunakan bahasa imperatif yang baik dan benar sesuai dengan bahasa Indonesia khususnya dalam tuturan imperatif yang ada di dalam tuturan sebuah novel. Pihak orang tua disarankan untuk memperhatikan anak saat belajar dan memberikan bimbingan dan semangat kepada anak untuk meningkatkan kemampuan dalam memahami suatu bahasa yang berhubungan dengan sebuah tuturan imperatif. Pihak Masyarakat disarankan untuk lebih baik lagi untuk menggunakan tuturan yang berhubungan dengan tuturan-tuturan imperatif yang sering diucapkan atau digunakan.
15145000040 | AME t C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain