Skripsi
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TSTS ( TWO STAY TWO STRAY ) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS X MA ROUDLOTUT THOLIBIN PANGKAH KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2017/2018
ROJIKHI, AKHMAD. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan Siswa Kelas X MA Roudlotut Tholibin Pangkah Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dr. Faridah, M.Si
Pembimbing II Dra. Dewi Apriani Fr, M.M
Kata Kunci : TSTS (Two Stay Two Stray), Hasil Belajar, Kewirausahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran kewirausahaan.
Penelitian ini dilaksanakan di MA Roudlotut Tholibin Pangkah Kabupaten Tegal, tahun pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan adalah pre-ekperimental jenis one group pre-test -post-test.
Pengambilan sampel menggunakan teknik quasi ekperimen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPS1 sebanyak 29 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar.
Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan tes. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah uji-t untuk tes statistik yang membandingkan skor rata-rata hasil belajar antara pre-test dan post-test.
Berdasarkan analisis data dengan uji-t diperoleh t_hitung sebesar 3.966 sedangkan t_tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2.003 dengan demikian t_hitung > t_tabel. Hal tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) terhadap hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas X MA Roudlotut Tholibin Pangkah Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2017/2018.
13155000510 | ROJ p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain