Skripsi
KEEFEKTIFAN METODE RESITASI DENGAN TEKNIK PENALARAN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS SURAT PRIBADI DAN SURAT DINAS UNTUK KEPENTINGAN RESMI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 ADIWERNA
SURAYA, HANY. 2018. Keefektifan Metode Resitasi dengan Teknik Penalaran dalam Pembelajaran Menulis Surat Pribadi dan Surat Dinas Untuk Kepentingan Resmi Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Adiwerna. Skripsi. Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum.
Pembimbing II Agus Riyanto, M.Pd.
Kata Kunci : metode resitasi, teknik penalaran, pembelajaran menulis surat pribadi dan surat dinas untuk kepentingan resmi.
Penelitian ini mengkaji dua pokok permasalahan penelitian yaitu mengenai bagaimanakah kemampuan menulis surat pribadi dan dinas untuk kepentingan resmi pada peserta didik kelas VII? Dan bagaimanakah keefektifan metode resitasi dengan teknik penalaran dalam meningkatkan kemampuan menulis surat pribadi dan dinas untuk kepentingan resmi pada peserta didik kelas VII tersebut? Dalam pembelajaran menulis surat pribadi dan dinas untuk kepentingan resmi akan bisa lebih efektif dan bermakna jika dilakukan memalui pembelajaran yang variatif, salah satunya menggunakan metode resitasi dengan teknik penalaran.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Adiwerna. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Adiwerna yang berjumlah 288 peserta didik. Sedangkan sampel penelitian adalah peserta didik kelas VII C sebagai kelompok eksperimen dan VII G sebagai kelompok kontrol dengan tiap kelas berjumlah 32 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Kemudian untuk teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tugas membuat dan melengkapi surat pribadi dan dinas untuk kepentingan resmi. Dalam menganalisis data penelitian penulis menggunakan teknik kuantitatif dengan perhitungan statistik uji t-non independen dan uji t independen, dengan signifikan 0,05.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan: (1) Penggunaan metode resitasi dengan teknik penalaran terbukti efektif dalam pembelajaran menulis surat pribadi dan surat dinas untuk kepentingan resmi pada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Adiwerna. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan nilai posttest kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol dengan uji t independen yang menunjukkan bahwa t hitung > t tabel (6,19 >1,66) dengan taraf signifikansi 0,05 dan df = 32 + 32 - 2 = 62. (2) Pembelajaran menggunakan metode resitasi dengan teknik penalaran pada kelompok eksperimen lebih efektif dari pada pembelajaran tanpa menggunakan metode resitasi dengan teknik penalaran pada kelompok kontrol. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan uji t non-independen kelompok eksperimen yang menunjukkan t hitung > t tabel (8,37 >1,69) dan kelompok kontrol yang menunjukkan t hitung > t tabel (3,93 >1,69), dengan taraf signifikansi 0,05 dan df = 32 - 1 = 31.
15145000250 | SUR k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain