Skripsi
PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG MOTIVASI MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI KELAS XI SMK NEGERI 2 TEGALTAHUN AJARAN 2017/2018
KURNIAWATI, SILVIA INDAH. 1314500035 (2018). “Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Motivasi Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Kewirausahaan Di Kelas XI SMK Negeri 2 Tegal Tahun Ajaran 2017/2018”. Proyek Penelitian. Program Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Pendidikan Guru. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing Pertama Dr. Yayat Hidayat Amir, M.Pd. Dan Pembimbing Kedua Adalah A. Rony Yulianto, M.Pd.
Kata Kunci: Persepsi Siswa Terhadap guru mengajar, prestasi belajar kewirausahaan
Tujuan dari proyek penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa pada subjek kewirausahaan. Hipotesis penelitian adalah ada perbedaan yang signifikan antara motivasi guru dan prestasi belajar siswa di kewirausahaan dengan siswa kelas XII SMKN 2 Tegal pada Tahun Ajaran 2017/2018.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMKN 2 Tegal. Ada 10 kelas yang terdiri dari 314 siswa. Penulis menggunakan proporsional random sampling untuk mengambil sampel. Total sampel adalah 176 siswa. Dengan demikian, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian kuantitatif. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner. Yang mana N=30 item yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Dengan demikian, analisis data menggunakan regresi linier.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi mengajar guru berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa pada subjek kewirausahaan. Ini membuktikan bahwa hasil analisis regresi linier Y = 64,265 + 0,206X dan tcount = 13,42 sehingga thitung lebih tinggi dari ttabel (13,42> 0,361). Karena itu, Ha diterima dan Ho ditolak.
13145000350 | KUR p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain