Skripsi
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENGANTAR EKONOMI DAN BISNIS MELALUI METODE DISKUSI BAGI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH ULUJAMI SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Rizka Sih Lestari (1315500054), Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pengantar Ekonomi dan Bisnis melalui Metode Diskusi bagi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah Ulujami Semester Gasal Tahun Pelajaran 2017/2018, Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan , Universitas Pancasakti Tegal.
Penelitian Tindakan Kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai Pengantar Ekonomi dan Bisnis, khususnya pada biaya produksi, siswa kurang memahami konsep biaya produksi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pengantar Ekonomi dan Bisnis pada biaya produksi pada siklus I dan siklus II dengan menggunakan metode diskusi. Penelitian ini di laksanakan pada bulan Oktober sampai Desember 2017 bertempat di kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah Ulujami.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus yang terdiri dari dua kali pertemuan dalam setiap siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif terhadap siswa, berupa daftar nilai dan lembar observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode Diskusi suasana pembelajaran menyenangkan sehingga hasil belajar siswa meningkat yaitu dari hasil siklus I ke siklus II terdapat peningkatan , pada siklus I jumlah siswa yang mendapat nilai tuntas adalah 16 siswa atau 84%, nilai tidak tuntas pada siklus I adalah 3 siswa atau 16%. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan nilai yaitu menjadi 18 siswa atau 94% terjadi peningkatan 10%. Disimpulkan bahwa metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar Pengantar Ekonomi dan Bisnis pada biaya produksi
Kata Kunci : Hasil Belajar, Biaya Produksi, Metode Diskusi
13155000540 | LES u C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain