Skripsi
PENGARUH STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING DAN STRATEGI PENENTUAN POSISI JASA TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA KPRI KABUPATEN TEGAL SEKTOR JASA KEUANGAN
Tujuan penelitian : 1) untuk mengetahui pengaruh strategi keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran pada KPRI Kabupaten Tegal sektor jasa keuangan. 2) untuk mengetahui pengaruh strategi penentuan posisi jasa terhadap kinerja pemasaran pada KPRI Kabupaten Tegal sektor jasa keuangan. 3) untuk mengetahui pengaruh strategi keunggulan bersaing dan strategi penentuan posisi jasa secara bersama-sama terhadap kinerja pemasaran pada KPRI Kabupaten Tegal sektor jasa keuangan.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Koperasi Pegawai Republik Indonesia sektor jasa keuangan yang berada dalam wilayah Kabupaten Tegal sebanyak 25 koperasi. Jumlah wilayah populasi tidak terlalu banyak sehingga seluruh populasi dapat dijadikan sampel. Penelitian ini merupakan penelitian populasi atau studi sensus, karena semua elemen populasi akan diteliti. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Adapun sampel yang diambil yaitu dua orang pengurus KPRI (Ketua dan Sekertaris). Jumlah seluruh KPRI sebanyak 25 kantor, sehingga jumlah data observasi adalah 25 x 2 = 50 data responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi rank spearman, uji signifikansi korelasi rank spearman, analisis korelasi berganda, uji signifikansi korelasi berganda dan analisis koefisien determinasi.
Hasil penelitian: 1) terdapat pengaruh yang sangat kuat dan signifikan strategi keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran pada KPRI Kabupaten Tegal sektor jasa keuangan. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,888 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 atau Ho ditolak. 2) terdapat pengaruh yang cukup kuat dan signifikan strategi penentuan posisi jasa terhadap kinerja pemasaran pada KPRI Kabupaten Tegal sektor jasa keuangan. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai koefisien yang dihasilkan sebesar 0,569 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 atau Ho ditolak. 3) terdapat pengaruh yang sangat kuat dan signifikan strategi keunggulan bersaing dan strategi penentuan posisi jasa secara bersama-sama terhadap kinerja pemasaran pada KPRI Kabupaten Tegal sektor jasa keuangan. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai koefisien yang dihasilkan sebesar 0,881 dan nilai Fhitung (92,493) ˃ Ftabel (4,04) atau berada pada H0 ditolak.
Kata Kunci : Kinerja Pemasaran, Strategi Keunggulan Bersaing, Strategi Penentuan Posisi Jasa
41145001380 | SET p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain