Skripsi
STUDI KOMPARASI ANTARA MODEL BLENDED LEARNING BERBASIS MOODLE DENGAN EDMODO TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Tegal Tahun Ajaran 2016/ 2017)
SIMARDA, LUCKY. 2018. Studi Komparasi Antara Model Blended Learning Berbasis Moodle Dengan Model Blended Learning Berbasis Edmodo Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Pada Materi Pokok Garis dan Sudut (Studi Penelitian Pada Siswa Kelas VII Semester Genap di SMP Negeri 1 Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi. Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dra. Eleonora Dwi W.,M.Pd
Pembimbing II Hj. Isnani M.Si, M.Pd
Kata Kunci: Model Blended Learning Berbasis Moodle, Model Blended Learning Berbasis Edmodo, Kemampuan Awal Siswa, Prestasi Belajar Matematika.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: bahwa (1) prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model Blended Learning berbasis Moodle dan Edmodo mencapai target, (2) terdapat perbedaan antara model Blended Learning berbasis Moodle dengan model blended learning berbasis edmodo terhadap prestasi belajar matematika, (3)prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi maupun rendah dengan proses pembelajarannya menggunakan model blended learning berbasis moodle lebih baik dari model blended learning berbasis edmodo. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak empat kelas yaitu dua kelas sebagai kelas eksperimen 1, dan dua kelas sebagai kelas eksperimen 2. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian berupa tes prestasi dan telah teruji validitas dan reliebilitas pada taraf signifikansi 5%. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi, anava dua arah yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat hipotesis terlebih dahulu dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model Blended Learning berbasis Moodle dan Edmodo mencapai target (2) terdapat perbedaan model Blended Learning berbasis Moodle dengan model blended learning berbasis edmodo terhadap prestasi belajar matematika, (3) prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi maupun rendah dengan proses pembelajarannya menggunakan model blended learning berbasis moodle lebih baik dari model blended learning berbasis edmodo.
17135000370 | SIM s C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain