Penelitian
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PROGRAM MACROS PADA PEMBELAJARAN IPS TERHADAP KESIAPAN BELAJAR SISWA SECARA MANDIRI DI SMP PGRI KRAMATKABUPATEN TEGAL
Pemanfaatan ICT di SMP sebatas pada pemanfaatan powerpointsebagai sarana untuk mempresentasikan materi pembelajaran IPS. Sederhananya, media interaktif berbasis macros jarang digunakan dalam pembelajaran, khususnya untuk menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan program macros pada pembelajaran IPS terhadap kesiapan belajarsiswa secara mandiri.. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dan desain one-shot case study. Sampel diambil satu kelas yaitukelas IX dengan jumlah siswa 17 orang. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji satu pihak (one sample test). Pengambilan simpulan ini didasarkan pada nilai rata-rata hasil posttest yang berada pada rentang 60,1 -80, jumlah siswa yang tuntas sebanyak 64,7%, dan uji satu pihak (one sample t test) yang menyatakan t hitung > t tabel yaitu 31.115 > 1.746. Hal ini diartikan bahwa penggunaan program macros pada pembelajaran IPS terhadap kesiapanbelajar siswasecara mandiridi SMP PGRI Kramat Kabupaten Tegal efektif diterapkan.Kesimpulan lain yang diperoleh berdasarkan angketmenyatakan bahwa siswa akan termotivasi dan siap apabila ada penghargaan yang diberikan oleh guru, melakukan aktivitas menarik dalam proses pembelajaran, serta lingkungan belajar yang kondusif. Siswa merasa senang dan tertarik belajar apabila guru melakukan inovasi dalam proses pembelajarannya.Kata kunci:program macros, pembelajaran IPS, kesiapan belajar
180220191 | 330 HEN e C.1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain